-->

TUGAS PPG PILOTING GURU TERTENTU REFLEKSI MODUL TOPIK 1- 4 Prinsip Pengajaran dan Asesmen (Umum)

Post a Comment

 TUGAS REFLEKSI MODUL  TOPIK 1- 4 Prinsip Pengajaran dan Asesmen (Umum)


TOPIK 1

Bapak/Ibu guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik 2, refleksikan apa yang sudah

Bapak/Ibu guru pelajari pada topik 1. Ceritakan bagaimana prinsip UbD dapat membantu

Bapak/Ibu guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan apa tantangan yang dihadapi?

 

Prinsip UbD (Understanding by Design) adalah cara merancang pembelajaran yang bermakna

bagi murid. Perencanaan pembelajaran dengan langkah berikut dari capaian pembelajaran ke

tujuan pembelajaran selanjutnya ke kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran setelah itu

merancang assesmen awal selanjutnya merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil

assesmen. Ada tiga kata kunci dalam merrancang pembelajaran UbD (Understanding by Design)

yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menentukan assesmen pembelajaran dan merancang

pembelajaran.

setelah mempelajari modul 1 ini akan merubah cara saya merancang pembelajaran sesuai

Prinsip UbD (Understanding by Design) agar pembelajaran saya mencapai hasil yang diinginkan.

pembelajaran UbD (Understanding by Design) ini jika diapikasikan dengan baik seluruh

pembelajaran akan menjadi bermakna bagi peserta didik.

Tantangan :

Pertama adalah waktu dalam membuat perencanaan, keterbatasan dalam pembagian waktu

akan pasti guru rasakan karna guru ini tidak hanya berperan di sekolah tapi dia harus hadir di

tengah masyarakat dan keluarga sedangkan pulang sekolah telah di atur jam 4 sore, karna ada

beberapa guru yang tidak mampu mengerjakan sesuatu di kursi saja seperti kebiasaan saya

coba bayangkan saja apalagi yang lansia.

kedua tingkat kepercayaan masyarakat terhadap guru dalam pengaplikasiannya, sulit untuk

mengubah cara kerja yang lama, apalagi ketika sekolah tersebut memiliki cctv. contoh nyata

ketika saya mempelajari anak merawat tanaman hari itu kami terjun langsung ke lapangan untuk

berkebun, tetapi wali murid tidak terima.

ketiga adalah fasilitas yang memadai, saya sekarang tinggal dan mengajar dikota tapi fasilitas

nya sama saja seperti di desa dengan rombel sekolah yang banyak tetapi listrik gedung laptop ,

lingkungan yang serba berkekurangan jadi dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan

guru harus benar-benar kreatif dan iklas untuk membeli sendiri dalam melengkapi kerjanya.

 

TOIPK 2

Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki

selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran

berdiferensiasi melalui cerita reflektif.

Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas

Bapak/Ibu guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan

pembelajaran?

Setelah mempelajari Pembelajaran berdiferensiasi, Pertama-tama guru harus memahami dan

menyadari bahwa tidak ada hanya satu cara, metode, strategi yang dilakukan dalam mempelajari

suatu bahan pelajaran. Guru perlu menyusun bahan pelajaran, kegiatan-kegiatan, tugas-tugas

harian baik yang dikerjakan di kelas maupun yang di rumah, dan asesmen akhir sesuai dengan

kesiapan peserta didik dalam mempelajari bahan pelajaran tersebut, minat atau hal apa yang

disukai peserta didiknya dalam belajar, dan bagaimana cara menyampaikan pelajaran yang

sesuai dengan profil belajar peserta didiknya.

Jadi dalam pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang bisa dibedakan oleh guru agar

peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka pelajari, yaitu aspek konten yang

mau diajarkan, aspek proses atau kegiatan-kegiatan bermakna yang akan dilakukan oleh peserta

didik di kelas, dan aspek ketiga adalah asesmen berupa pembuatan produk yang dilakukan di

bagian akhir yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Pembelajaran

berdiferensiasi berbeda dengan pembelajaran individual seperti yang dipakai untuk mengajar

anak-anak berkebutuhan khusus. Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru tidak menghadapi

peserta didik secara khusus satu persatu agar ia mengerti apa yang diajarkan. Peserta didik

dapat berada di kelompok besar, kecil atau secara mandiri dalam belajar.

 

TOPIK 3

Bapak/Ibu guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik 4, refleksikan apa yang

sudah Bapak/Ibu guru pelajari pada topik 3. Ceritakan apa inspirasi yang Bapak/Ibu guru

dapatkan setelah mempelajari topik ini?

pendekatan TaRL adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pengenalan guru terhadap murid

dan pemahaman akan peserta didik.

Asesmen awal penting untuk dilakukan karena beberapa alasan, di antaranya:

1. Mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik

2. Mengetahui hambatan atau kesulitan yang dihadapi peserta didik

3. Mendapatkan informasi perkembangan peserta didik

4. Mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap peserta didik

5. Membantu siswa mengenali potensi dan kelebihan diri mereka sendiri

6. Membantu siswa merencanakan masa depan dengan lebih baik

7. Membantu guru menciptakan pembelajaran yang efektif, berpusat pada murid, dan inklusif

8. Membuat peserta didik menjadi bagian dari budaya belajar yang baik

9. Mengurangi kecemasan peserta didik

Hasil asesmen awal digunakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian peserta

Didik




Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter