TUGAS REFLEKSI MODUL TOPIK 1- 4 Prinsip Pengajaran dan Asesmen (Umum)
TOPIK 1
Bapak/Ibu guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik
2, refleksikan apa yang sudah
Bapak/Ibu guru pelajari pada topik 1. Ceritakan bagaimana
prinsip UbD dapat membantu
Bapak/Ibu guru dalam merancang pembelajaran yang efektif
dan apa tantangan yang dihadapi?
Prinsip UbD (Understanding by Design) adalah cara merancang
pembelajaran yang bermakna
bagi murid. Perencanaan pembelajaran dengan langkah berikut
dari capaian pembelajaran ke
tujuan pembelajaran selanjutnya ke kriteria ketuntasan
tujuan pembelajaran setelah itu
merancang assesmen awal selanjutnya merancang kegiatan
pembelajaran berdasarkan hasil
assesmen. Ada tiga kata kunci dalam merrancang pembelajaran
UbD (Understanding by Design)
yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menentukan assesmen
pembelajaran dan merancang
pembelajaran.
setelah mempelajari modul 1 ini akan merubah cara saya
merancang pembelajaran sesuai
Prinsip UbD (Understanding by Design) agar pembelajaran saya
mencapai hasil yang diinginkan.
pembelajaran UbD (Understanding by Design) ini jika
diapikasikan dengan baik seluruh
pembelajaran akan menjadi bermakna bagi peserta didik.
Tantangan :
Pertama adalah waktu dalam membuat perencanaan, keterbatasan
dalam pembagian waktu
akan pasti guru rasakan karna guru ini tidak hanya berperan
di sekolah tapi dia harus hadir di
tengah masyarakat dan keluarga sedangkan pulang sekolah
telah di atur jam 4 sore, karna ada
beberapa guru yang tidak mampu mengerjakan sesuatu di kursi
saja seperti kebiasaan saya
coba bayangkan saja apalagi yang lansia.
kedua tingkat kepercayaan masyarakat terhadap guru dalam
pengaplikasiannya, sulit untuk
mengubah cara kerja yang lama, apalagi ketika sekolah
tersebut memiliki cctv. contoh nyata
ketika saya mempelajari anak merawat tanaman hari itu kami
terjun langsung ke lapangan untuk
berkebun, tetapi wali murid tidak terima.
ketiga adalah fasilitas yang memadai, saya sekarang tinggal
dan mengajar dikota tapi fasilitas
nya sama saja seperti di desa dengan rombel sekolah yang
banyak tetapi listrik gedung laptop ,
lingkungan yang serba berkekurangan jadi dalam membuat
pembelajaran yang menyenangkan
guru harus benar-benar kreatif dan iklas untuk membeli
sendiri dalam melengkapi kerjanya.
TOIPK 2
Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan
pengalaman yang Bapak/Ibu miliki
selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang
berorientasi pada pembelajaran
berdiferensiasi melalui cerita reflektif.
Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran
berdiferensiasi yang relevan di kelas
Bapak/Ibu guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan
untuk mencapai tujuan
pembelajaran?
Setelah mempelajari Pembelajaran berdiferensiasi,
Pertama-tama guru harus memahami dan
menyadari bahwa tidak ada hanya satu cara, metode, strategi
yang dilakukan dalam mempelajari
suatu bahan pelajaran. Guru perlu menyusun bahan pelajaran,
kegiatan-kegiatan, tugas-tugas
harian baik yang dikerjakan di kelas maupun yang di rumah,
dan asesmen akhir sesuai dengan
kesiapan peserta didik dalam mempelajari bahan pelajaran
tersebut, minat atau hal apa yang
disukai peserta didiknya dalam belajar, dan bagaimana cara
menyampaikan pelajaran yang
sesuai dengan profil belajar peserta didiknya.
Jadi dalam pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang
bisa dibedakan oleh guru agar
peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka
pelajari, yaitu aspek konten yang
mau diajarkan, aspek proses atau kegiatan-kegiatan bermakna
yang akan dilakukan oleh peserta
didik di kelas, dan aspek ketiga adalah asesmen berupa
pembuatan produk yang dilakukan di
bagian akhir yang dapat mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran. Pembelajaran
berdiferensiasi berbeda dengan pembelajaran individual
seperti yang dipakai untuk mengajar
anak-anak berkebutuhan khusus. Dalam pembelajaran
berdiferensiasi guru tidak menghadapi
peserta didik secara khusus satu persatu agar ia mengerti
apa yang diajarkan. Peserta didik
dapat berada di kelompok besar, kecil atau secara mandiri
dalam belajar.
TOPIK 3
Bapak/Ibu guru, sebelum melanjutkan pembelajaran ke topik 4,
refleksikan apa yang
sudah Bapak/Ibu guru pelajari pada topik 3. Ceritakan apa
inspirasi yang Bapak/Ibu guru
dapatkan setelah mempelajari topik ini?
pendekatan TaRL adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat
pada pengenalan guru terhadap murid
dan pemahaman akan peserta didik.
Asesmen awal penting untuk dilakukan karena beberapa alasan,
di antaranya:
1. Mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik
2. Mengetahui hambatan atau kesulitan yang dihadapi peserta
didik
3. Mendapatkan informasi perkembangan peserta didik
4. Mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap peserta didik
5. Membantu siswa mengenali potensi dan kelebihan diri
mereka sendiri
6. Membantu siswa merencanakan masa depan dengan lebih baik
7. Membantu guru menciptakan pembelajaran yang efektif,
berpusat pada murid, dan inklusif
8. Membuat peserta didik menjadi bagian dari budaya belajar
yang baik
9. Mengurangi kecemasan peserta didik
Hasil asesmen awal digunakan untuk merancang pembelajaran
yang sesuai dengan tahap capaian peserta
Didik
Post a Comment
Post a Comment