-->

SOAL UP/UTN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DAN KUNCI JAWABAN

Post a Comment
Pilihlah jawaban, A, B, C, D, atau E yang paling benar!
1.      Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru....
a.         Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b.        Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c.         Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d.        Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
e.         Melatih siswa belajar mandiri

2.      Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan...
a.         Sosial-emosional
b.        Kognitif
c.         Moral
d.        Spiritual 
e.         Psikomotor

3.      Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
a.         Behaviorisme
b.        Humanistik
c.         Sibernetik
d.        Kontruktivisme
e.         Kognitif

4.      Prinsip pengembangan kurikulum ini mengandung arti bahwa sebuah kurikulum harus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memenuhi kebutuhan dan karakteristik siswa dan karakteristik masyarakat.
a.         Fleksibilitas
b.        Kontinuitas
c.         Relevansi
d.        Efisiensi
e.         Efektivitas
5.      Di bawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang kompetensi dasar:
1)        Potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan daerah
2)        Tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik
3)        Kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, akualitas, kedalaman, dan keluasan materi pelajaran
4)        Kemmpuan guru dan ketersediaan referensi
5)        Relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6)        Dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu, guru harus memperhatikan 4 (empat) dari 6 (enam)  komponen diatas
a.         1-2-3-4
b.        2-3-5-6
c.         1-2-3-5
d.        1-2-4-5
e.         3-4-5-6

6.      Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
a.         Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
b.        Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
c.         Penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
d.        Penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
e.         Penilaian berdasarkan indikator pembelajaran

7.      Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Salah satu cara untuk merumuskan indikator penilaian adalah:
a.         Setiap KD harus dikembangkan menjadi tiga indikator
b.        Indikator memenuhi tuntutan kompetensi tertentu.
c.         Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik.
d.        Rumusan indikator mencakup aspek kompetensi
e.         Rumusan indikator dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup ranah kognitif

8. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
a.         Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
b.        Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
c.         Substansi yang diukur mempresentasikan kompetensi yang dinilai
d.        Bahasa yang digunakan komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
e.         Dilengkapi dengan petunjuk-petunjuk yang jelas
9.    Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
a.         Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
b.        Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
c.         RPP bersumber dari silabus
d.        Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
e.         RPP menyajikan kegiatan dalam satu pertemuan

10.     Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Inggris adalah     sebagai berikut ......
1)        Kompetensi dasar : menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan
2)        Indikator : Membuat   teks   khusus  dalam  bentuk  pemberitahuan
3)        Tujuan Pembelajaran : melalui  kerja  individu, peserta  didik  dapat  membuat teks  anouncemment dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
a.         Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
b.        Mendorong partisipasi aktif peserta didik
c.         Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
d.        Keterkaitan dan keterpaduan
e.         Membangun critical thinking siswa

11.  Indikator merupakan salah satu komponen penting dalam penyusunan rencana pembelajaran. Dalam mengembangkan indikator hendaknya:
a.         Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/ atau kesulitan materi
b.        Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c.         Adanya keterkaitan SK dan KD antar mata pelajaran
d.        Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, atuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
e.         Memperhatikan rujukan, objek dan/atau alat atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran

12.  Pemiihan suatu sumber belajar dilakukan berdasarkan:
a.         Standar kompetensi, ciri mata pelajaran dan pokok bahasan
b.        Teori yang dipahami guru
c.         Keinginan dan keputusan bersama
d.        Tersedianya waktu dan dana yang ada
e.         Kesesuaian dengan perkembangan jaman

13.  Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:       
a.         Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK            
b.        Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran            
c.         Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran         
d.        Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
e.         Pemanfaatan media sebagai alat bantu mengenalkan materi pembelajaran

14.  Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1)        Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)        Mendesain Perencanaan Proyek,
3)        Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)        Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)        Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)        Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ....
a.         1-2-3-4-5-6
b.        1-3-2-4-5-6
c.         1-3-2-5-6-4
d.        1-2-3-5-4-6
e.         1-3-2-4-6-5

15.  Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan tersebut harus memiliki fungsi:
a.       Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius
b.      Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
c.       Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis
d.      Prestasi, rekreatif-kreatif, edukatif dan produktif
e.       Prestasi, Pengembangan, edukatif dan ekonomis

16.  Saat pembelajaran, banyak siswa yang membutuhkan perhatian khusus dari guru karena kurang bisa mengikuti beberapa materi pelajaran yang diberikan. Cara guru dalam memberikan tanggapan yang efektif, empati, dan santun agar peserta didik merasa senang, bergairah, dan berinisiatif adalah ….
a.         Menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan argumen untuk mencapai kesepahaman
b.         Terus memacu siswa menjawab pertanyaan yang diberikan sampai mendapatkan jawaban yang benar.
c.         Meminta siswa memberikan alasan atas jawaban yang diberikan
d.        Meminta siswa tertentu untuk menjawab dengan benar.
e.         Membantu siswa dengan memberikan jawaban yang benar

17.    Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
a.         Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
b.         Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
c.         Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
d.        Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
e.         Untuk mengukur kedalaman materi

18.  Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
a.         Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
b.         Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
c.         Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
d.        Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran 
e.         Penilaian menekankan pada satu kompetensi tertentu

19.    Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
a.          Kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
b.          Keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
c.          Keinginan untuk membantu guru
d.          Kepedulian peneliti akan kinerja guru
e.         PTK menjadi salah satu kebutuhan guru

20. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
a.          Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
b.          Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Inggris di Kelas XI IPA 2?
c.          Bagaimana efektivitas model pembelajaran Group Investigation dalammenumbuhkan daya kritis siswa??
d.          Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah? 
       e. Apa persepsi siswa terhadap penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pelajaran            Bahasa Inggris?

Kunci Jawaban


1.
D
11.
D
2.
A
12.
A
3.
A
13.
C
4.
C
14.
A
5.
B
15.
B
6.
D
16.
A
7.
C
17.
A
8.
A
18.
D
9.
B
19.
A
10.
D
20.
B





Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter