61. Learning dalam behaviorisme menekankan
adanya :
a.
Perubahan perilaku
b. Interaksi terus-menerus
c.
Pemaknaan informasi baru
d.
Perubahan pengetahuan
|
62. Menurut konstruktivisme, pengetahuan
tentang :
a. Hasil dari
interaksi dan paradigma Stimulus – Respons
b.
Hasil konstruksi yang dibangun sendiri
oleh pembelajar
c.
Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d. Hasil temuan mata
aturan yang menjadi sumbernya
|
63. Praktek proses sangat cocok untuk
matpel
a.
Ketrampilan
b. Sains
c.
Sastra
d. Ilmu sosial
|
64.
Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara
santun namun efektif..
a.
Kepada murid dan
sejawat
b. Kepada KS maupun
orang lain
c. Dalam rapat guru
maupun di kelas
|
d. Komunikasi dalam penelitian
|
65. Tidak termasuk dalam komponen mengajar
seorang guru, adalah kemampuan ...
a. Menyusun dan
mengembangkan alat evaluasi
b. Menggunakan/memanfaatkan
media pembelajaran
c.
Berkomunikasi secara santun namun
efektif dengan murid dan pengawas
d. Menanamkan
kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan
|
66.
Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment
pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:
a. Kompetensi pedagogic
b. Kompetensi sosial
c. Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi professional
|
67. Keinginan dan usaha untuk tidak
terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a. Kompetensi sosial
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi profesional
d.
Kompetensi pedagogic
|
68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan
merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan
tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a. Kompetensi sosial
dan pedagogic
b. Kompetensi
profesional dan pedagogic
c.
Kompetensi kepribadian dan profesional
d. Kompetensi
kepribadian dan social
|
69. Seorang guru menyusun RPP harus
dilandasi kesadaran bahwa :
a.
RPP merupakan bagian dari administrasi sekolah
b. Proses
pembelajaran merupakan kegiatan yang harus
direncanakan
c.
RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
d. Proses
pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi
|
70. Seorang guru
yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di
ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok
tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan
diri dalam ranah
a.
Kompetensi profesional
b. Kompetensi kepribadian
c.
Kompetensi sosial
d.
Kompetensi pedagogic
|
71. Paikem adalah pembelajaran yang :
a. Efektif,
intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan
b. Aktif, inovatif,
kreatif, edukatif dan menyenangkan
c.
Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
d. Pembelajaran
Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
|
72. Expert group
pada belajar korperatif mendiskusikan
a. Masalah tiap-tiap
kelompok yang ada
b. Masalah tiap-tiap
kelompok beda dari tiap-tiap kelompok
c.
Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
d. Masalah
dari tiap-tiap kelompok secara mendalam
|
73.
Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk
memberi
|
jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan
a.
Brain
storming
b. Concept mapping
c.
Quickstioning
d. Role playing
|
74. Problem salving dan discovery learning
dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :
a. Individual thinking
b. Direct thinking
c.
Critical thinking
d. Personal thinking Pemilihan
|
75. Pemilihan satu modul pembelajaran
terutama dilakukan berdasarkan
a.
Standar kompetensi, ciri mata pelajaran
atau pokok bahasan
b. Teori yang
dipahami guru
c.
Keinginan dan putusan bersama
d. Tersedianya waktu
dan dana yang ada
|
76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a.
Kerja sama mencapai tujuan
b.
Kemampuan kerja individu
c.
Saling interaksi
d.
Saling tergantung tapi saling memberi:
|
77. Memilih media,
mempertimbangkan
a.
Kesesuaian media dengan tujuan, materi
dan perkembangan siswa
b. Kecanggihan media
c.
Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran
d. Kelengkapan dan
kualitas media
|
78. Guru menggunakan media dalam mengajar
karena
a. Tuntutan kurikulum
b. Anjuran KS
c.
Media membatu siswa agar lebih mudah memahami
d. Keberadaan media
mengurangi beban tugas guru
|
79. Penggunaan Media efektif bila
a.
Dapat membantu guru mempercepat materi
b.
Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
c.
Dapat meningkatkan pencapaian hasil
belajar siswa
d.
Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target
|
80. Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a.
Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar
b. Sesuai dengan
tingkat tujuan yang dicapai
c.
Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
d.
Sesuai dengan materi yang disajikan
|
81. Setelah
membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja
dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan
dengan kriteria …
a.
Kesesuaian
b. Tingkat kesulitan
c.
Ketersediaan
d. Kualitas teknis
|
82. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya
memiliki tingkat kejelasan bagi
siswa termasuk
tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :
a. Kesesuaian
b. tingkat kesulitan
c.
ketersediaan
d. kualitas teknis
|
83. Hasil kegiatan berikut yang paling
tepat diukur dengan non tes adalah :
a. kemampuan siswa
memahami materi
b.
keaktifan siswa belajar di kelas
c. keaktifan siswa
menulis karangan
d. ketrampilan siswa
menulis paparan / cerita
|
84. Penilaian
dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a. kemampuan memahami materi
b.
siswa mengerjakan
tugas
c. kerajinan dan
kreatifitas siswa
d.
hasil belajar siswa secara keseluruhan
|
85. Kegiatan
belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
a. Berhitung (matematika)
b. Memecahkan masalah
c.
Melakukan percobaan
d. Membuat karya tulis
|
86. Untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru
melakukan kegiatan berikut
1.Menganalisis
hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
2.Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian
memilih metode
mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
3.
Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang
digunakan dan memperbarui pada
pelajaran berikutnya
4.
Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang
menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas
adalah : a. 1, 2, 3
b. 1 dan 2
c. 2 dan 4
d. 1, 2,
3 dan 4
|
87. Kegiatan
pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill)
bagi anak didik adalah ……………
a. mempresentasikan
hasil diskusi
b. membuat
karya tulis
c. membuat model
d. kerjasama dengan kelompok.
|
88. Dalam mengembangkan alat evalusi guru
harus memperhatikan :
a. kompetensi
dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.
b. kesesuaian dengan
materi ajar, soal harus mengukur tingkat
pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
c. Hasil belajar soal
hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar
ketuntasan belajar minimal (SKBM)
d. Analisis hasil evaluasi
tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian
pada materi selanjutnya
|
89. Pernyataan berikut yang benar tentang
assesment adalah :
a. proses
pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
b. proses pengumpulan
informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat
mereka lakukan.
c. melakukan
penilaian kemampuan siswa menerima pelajaran
d.
proses penilaian tkt kecerdasan siswa.
|
90. Tulisan karya
ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
a. disajikan dalam
bentuk artikel atau makalah
b. ditulis
berdasarkan bukan hasil riset
c. kajian
ilmiah yang ditulis dari hasil riset
d. berupa kajian teoritis
|
HALAMAN SELANJUTNYA KEMBALI
ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
ReplyDeletehanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^