91.
Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut..................
a.
Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
b. Refleksi -
Perencanaan - Observasi – Pelaksanaan
c. Observasi -
Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
d. Perencanaan
– Pelaksanaan – Observasi – Refleksi
|
92. Apakah Yang
Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a. PTK harus mampu
menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar
telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan.
b. PTK yang dilakukan
benar-benar mempunyai manfaat.
c. PTK harus memenuhi
kaidah-kaidah ilmiah
d. KTI guru hendaknya
berkaitan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar
di kelasnya.
e. Asli,
Perlu, Ilmiah, Konsisten
|
93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan
PBM kelas artinya...
a.
Nilai percakapan belum meningkat
b.
Terkait dengan permasalahan pada
konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan
PBM dalam kelas
c.
Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga
pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas
d.
Terkait dengan permasalahan pada kontk
sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran
|
94. Prosedur
penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa
dengan berbagai alat dikenal sebagai :
a.
Authentic material
b. Authentic learning
c.
Authentic assessment
d.
Authentic data
|
95. Salah satu
prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan
guru….
a. membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta remedial
b.
menggunakan rancangan pembelajaran yang
telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c.
menggunakan rancangan pembelajaran baru yang
berbeda sama sekali dengan rancangan
yang ada
d. merencanakan tes
ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan
materi
e. menggunakan
rancangan pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
|
96. Standar
nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan,
dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat
satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai
efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan
|
disebut .....................
a. Standar Proses;
b. Standar Kompetensi Lulusan;
c.
Standar Sarana Dan Prasarana;
d.
Standar Pengelolaan;
e.
Standar Penilaian
Pendidikan
|
97. Penilaian
pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;
b.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan
c.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e.
Jawaban A, B dan C Benar
|
98. “Mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat
tersebut adalah ...................
A.
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
B. Fungsi pendidikan nasional
C. Tujuan pendidikan nasional
D. Sasaran pendidikan
nasional
E. Arah kebijakan
pembangunan nacional
|
99. Sedangkan standar
nasional pendidikan RI dituangkan dalam ...................
a.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b.
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c.
Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d. Permendiknas RI
Nomor 32 Tahun 2005
e.
Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
|
100. Memahami peserta didik secara mendalam
A.
Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
101. Seorang guru
mampu Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan
A.
Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
102. Seorang guru mampu Mampu melaksanakan
pembelajaran
A.
Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
103. Seorang guru
mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
A. Kompetensi Pedagogik
|
B.
Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
104. Seorang guru mampu Memfasilitasi
peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi
A.
Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Kewirausahaan
|
105. Seorang guru mampu Menguasai substansi
keilmuan yang terkait bidang studi
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Supervisi
|
106. Seorang guru mampu Menguasai struktur
dan metode keilmuan
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
107. Seorang guru mampu Memiliki akhlak
mulia dan menjadi teladan
A. Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
108. Seorang guru mampu Memiliki kepribadian
yang arif
A. Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
109. Seorang guru mampu
Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
A. Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
110. Seorang guru mampu
berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya,
termasuk……..
A. Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Professional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Manajerial
|
112. Manfaat Penetian
Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2)
menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan
perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan
partisipatif, kecuali .......
A.
meningkatkan proses belajar mengajar
B.
menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C.
mencakup proses refleksi
D.
menggunakan metodelogi terbaru
113. Prinsip yang paling
penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah .......
A.
komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu
B.
metodologi tepat
C.
penggumpulan data
sederhana
D.
laporan sederhana
114. Penelitihan Tindakan
Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu
…….
A.
perencanaan, tindakan, pengamatan,
refleksi
B.
perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C.
perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D.
evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
115. Penelitian Tindakan
kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali .......
A.
didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru
B.
kolaborasi dalam
pelaksanaannya
C.
bertujuan memperbaiki
D.
dilaksanakan dalam satu siklus
116. Dalam penetian
tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ......
A.
reliabel dan tidak mengganggu proses pembelajaran
B.
menggunakan waktu
lama
C.
bervariasi
D.
sederhana
117. Di bawah ini adalah
kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali .....
A.
menganalisa masalah
B.
mempersiapkan fasilitas
C.
mempersiapkan instrumen
D.
mempersiapkan skenario
118. Di bawah ini
merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali
.......
A.
merasakan masalah
B.
analisis masalah
C.
perumusan masalah
D.
penerapan fokus
119. Langkah-langkah
Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan meliputi ........
A.
penetapan fokus masalah, perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
B.
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan intrepretasi dan refleksi
C.
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan interpretasi
D.
pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
120. Hal yang terpenting
pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah ........
A.
dimonitor, dicatat hasil akhirnya
B.
dievaluasi dan dianalisis
C.
direfleksi dan diamati kembali
D.
diamati dan diperbaiki
121. Dikaitkan dengan
tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat
membantu guru untuk .......
A.
mengatasi masalah
siswa
B.
memperbaiki pembelajaran
C.
berkembang secara
profesional
D.
berkolaborasi dengan guru lain
HALAMAN SELANJUTNYA KEMBALI
Post a Comment
Post a Comment