-->

SOAL UP UKMPPG DAN JAWABAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SEMUA JURUSAN TAHUN 2018 HALAMAN 4

Post a Comment

91. Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut..................
a.    Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
b.    Refleksi - Perencanaan - Observasi – Pelaksanaan
c.      Observasi - Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
d.    Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – Refleksi
92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a.    PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan.
b.  PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat.
c.      PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d.    KTI guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.
e.      Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya...
a.    Nilai percakapan belum meningkat
b.    Terkait dengan permasalahan pada konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan PBM dalam kelas
c.      Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas
d.    Terkait dengan permasalahan pada kontk sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran
94. Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal sebagai :
a.    Authentic material
b.    Authentic learning
c.      Authentic assessment
d.    Authentic data
95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru….
a.    membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta remedial
b.    menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c.      menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d.    merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
e.    menggunakan rancangan pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
96. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan,
dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan



disebut .....................
a.    Standar Proses;
b.    Standar Kompetensi Lulusan;
c.      Standar Sarana Dan Prasarana;
d.    Standar Pengelolaan;
e.      Standar Penilaian Pendidikan
97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.    Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;
b.    Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan
c.      Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d.    Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e.    Jawaban A, B dan C Benar
98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut adalah ...................
A.    Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
B.    Fungsi pendidikan nasional
C.    Tujuan pendidikan nasional
D.    Sasaran pendidikan nasional
E.    Arah kebijakan pembangunan nacional
99. Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam ...................
a.    Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b.    Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c.      Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d.    Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
e.    Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
100. Memahami peserta didik secara mendalam
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
101. Seorang guru mampu Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
102. Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
103. Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
A. Kompetensi Pedagogik



B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
104.       Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Kewirausahaan
105.       Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Supervisi
106.       Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
107.        Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
108.       Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
109.        Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial
110.        Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, termasuk……..
A.    Kompetensi Pedagogik
B.    Kompetensi Kepribadian
C.    Kompetensi Professional
D.    Kompetensi Sosial
E.    Kompetensi Manajerial


112.       Manfaat Penetian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali .......
A.         meningkatkan proses belajar mengajar
B.         menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C.         mencakup proses refleksi
D.         menggunakan metodelogi terbaru

113.       Prinsip yang paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah .......
A.         komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu
B.         metodologi tepat
C.         penggumpulan data sederhana
D.         laporan sederhana

114.       Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu
…….
A.         perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
B.         perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C.         perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D.         evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi

115.       Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali .......
A.         didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru
B.         kolaborasi dalam pelaksanaannya
C.         bertujuan memperbaiki
D.         dilaksanakan dalam satu siklus

116.       Dalam penetian tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ......
A.         reliabel dan tidak mengganggu proses pembelajaran
B.         menggunakan waktu lama
C.         bervariasi
D.         sederhana

117.       Di bawah ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali .....
A.               menganalisa masalah
B.               mempersiapkan fasilitas
C.               mempersiapkan instrumen
D.             mempersiapkan skenario
118.       Di bawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali
.......
A.               merasakan masalah
B.               analisis masalah
C.               perumusan masalah
D.             penerapan fokus

119.       Langkah-langkah Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan meliputi ........
A.              penetapan fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
B.               perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan intrepretasi dan refleksi
C.               perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi
D.             pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.

120.       Hal yang terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah ........
A.               dimonitor, dicatat hasil akhirnya
B.               dievaluasi dan dianalisis


C.               direfleksi dan diamati kembali
D.             diamati dan diperbaiki

121.       Dikaitkan dengan tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat membantu guru untuk .......
A.                  mengatasi masalah siswa
B.                  memperbaiki pembelajaran
C.                  berkembang secara profesional
   D.                  berkolaborasi dengan guru lain


 HALAMAN SELANJUTNYA                                                                    KEMBALI

Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter