-->

SOAL UP UKMPPG DAN JAWABAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SEMUA JURUSAN TAHUN 2018 HALAMAN 2

2 comments

31. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat
/ mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a.  Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b.  Memproses (processing):
c.  Menerapkan dan Mengevaluasi
d.  Perilaku yang Kreatif
e.  Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
32. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
a.  Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
b.    Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
c.  Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
d.  Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
e.  Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
33. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a.  Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b.  Memproses (processing):
c.  Menerapkan dan Mengevaluasi
d.  Perilaku yang Kreatif
e.  Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
34. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
a.  Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.
b.  Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c.  Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
d.  Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.



e. Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.
35. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI
a.  Potensi peserta didik;
b.  Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;
c.  Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d.  Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;
e.  Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, khususnya dunia kerja;
36. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a.  Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b.  Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c.    Menyeluruh dan berkesinambungan
d.    Beragam dan terpadu
e.    Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
37. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a.  Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b.  Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c.  Menyeluruh dan berkesinambungan
d.  Beragam dan terpadu
e.  Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
38. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini,
KECUALI:
a.  Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.
b.  Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).
c.  Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
d.  Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).
e.  Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
39. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan
a.  Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
b.  Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
c.    Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
d.  Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
e.    Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan



40.    Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan
hal berikut, KECUALI ………..
a.  Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.  Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai (student centered learning).
c.    Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d.  Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
e.  Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan menarik perhatian siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
41. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:
a.  Kompetensi Kepribadian
b.  Kompetensi Profesinal
c.    Kompetensi Pardagogik
d.  Kompetensi Sosial
e.  Kompetensi Akademik
42. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah .....
a.  Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.
b.  Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.
c.    Melakukan kegiatan pre test
d.  Melakukan post test.
e.  Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas.
43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1.    Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.
2.    Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3.    Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
4.    Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :
a.  1 dan 2
b.  1 dan 3
c.    2 dan 3
d.    3 dan 4
e.    1 dan 4
44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.
Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .......
a.  Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b.  Nilai rapor kelas sebelumnya.
c.    Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
d.  Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
e.  Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua



45. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata
disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....
a.  Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.
b.  Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
c.  Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d.  Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.
e.  Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.
46. Perhatikan pernyataan berikut :
1.  Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2.  Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3.  Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4.  Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan....
a.  1 dan 2
b.  1 dan 3
c.    2 dan 3
d.  3  dan 4
e.  4  dan 2
47. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....
a.  Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b.  Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
c.    Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d.  Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
e.  Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.
48. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :
a.  Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
b.  Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
c.    Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d.  Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.
e.  Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.
49. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
a.  siklus belajar
b.    peta konsep
c.      pembelajaran konsep
d.    struktur kognitif
e.    pemrosesan informasI
50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar?
a.    Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
b.    Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.



c.      Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
d.    Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
e.    Menjelaskan suatu konsep secara detail.
51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a.    membangkitkan minat siswa
b.    merangsang siswa lebih aktif belajar
c.      memberi kesempatan siswa berkreasi
d.    membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
e.    menantang siswa untuk selalu belajar
52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .
a.    standar kompetensi.
b.    kompetensi dasar
c.      materi pembelajaran.
d.    strategi pembelajaran.
e.    metode pembelajaran.
53. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
a.    Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
b.    Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.
c.      Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
d.    Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran
e.      Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.
54. KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a.    Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya. Dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti itu, sudah biasa dilakukan
b.    Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
c.      Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
d.    Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.
e.    Sebagian besar guru yang telah mencapai golongan IV/a ke atas
55. Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
a.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
b.    Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
c.      Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
d.    Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
e.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005



56. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan
pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a.    Behaviorisme
b.    Cognitivisme
c.      Behavionisme dan Cognitivisme
d.    Semua benar
57. Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori:
a.    Behaviorsme
b.    Dognitivisme
c.      Behavionisme dan dognitivisme
d.    Konstruktivisme
58. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
a.    Behavioris
b.    Kognitivis
c.      Kognitivis Behavior
d.    Konstruktivisme
59. Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
a.    Perilaku guru sebagai panutan digugu dan ditiru
b.    Guru sebagai sumber ilmu
c.      Keputusan tindakan memerlukan jenis dan kreativitas belajar siswa
d.    Tanpa guru proses belajar siswa terganggu
60. Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
a.    Menambah wawasan modul pembelajaran
b.    Sebagai bahan penunjang pembelajaran
c.      Dasar pengembangan model pembelajaran
d.    Sebagai acuan untuk memilih media


HALAMAN SELANJUTNYA                                                                      KEMBALI

Related Posts

2 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  2. Boleh share file soal soalnya kak?

    Makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter