NASKAH SOAL PEDAGOGIK
1.
Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen
Pendidikan Nasional tahun 2010-
2014, untuk dapat
memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah
pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui
pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali
.....:
a. ICT Sebagai
Substansi Pendidikan,
b. Alat Bantu
Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c. Standar
Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d. Alat Bantu
Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
e. Pengembangan
bakat dan daya kreatifitas siswa
|
2. Pemanfaatan
fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi
antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada.
Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar,
suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang
berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat
pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang
disediakan untuk itu disebut
dengan....
a. Teleconverence
b.
Email
c.
Website
d. Chatting
e.
Browsing
|
3. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang
akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar
dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan,
dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
dan memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan
disebut kegiatan...............
a.
Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
e. Contextual
teaching learning
|
4. Salah satu contoh
kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a. Memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.
Menfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
e.
Memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna
dalam mencapai kompetensi dasar
|
5. Berkomunikasi
secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas
dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara
siklikal, yaitu dengan
alur sebagai berikut ....
a. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk
|
merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta
didik 3.respons peserta didik untuk
merespons; 4. reaksi guru
terhadap respons peserta didik.
b. Reaksi guru
terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas
sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta
didik untuk merespons;
c. Memberikan
pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon;
2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons
peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d. Memberikan
pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon;
2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons
peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
e. 1.
penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik
untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru
terhadap respons peserta didik.
|
6. Dalam kaitannya
dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu
mengacu pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
|
7. Standar ketuntasan
minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e. Intake
siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
|
8. Jenis-jenis
pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai
berikut:
a. fakta, konsep,
prinsip, prosedur, sikap
b. fakta,
konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep,
prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep,
definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi,
aksioma, prosedur, fungsi
|
9. Untuk memudahkan
penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
|
10. Dibawah ini
merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian
kompetensi dasar :
1. potensi peserta
didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2. tingkat
perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik,
struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan
ketersediaan referensi
5. relevansi dengan
kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
Dalam
mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu, guru harus memperhatikan
antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
|
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
|
11. Upaya guru dalam
memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain
sebagai berikut……..
a.
menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi
siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari
letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan
pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi
|
12. Upaya merancang
pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru
sebagai berikut:
a.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
b. memberikan tes
tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih
tingi
c. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya
yang memiliki kesulitan tinggi
e.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
penerbit yang berbeda
|
13. Dalam melakukan
evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian, analisa hasil penilaian,
melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
b.
Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan,
analisa hasil penilaian, sebagian
indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c.
Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan
program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai
teknik penilaian
d.
Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan
program perbaikan dan pengayaan
e.
Semua indikator ditagih dengan berbagai
teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
|
14. Pada setiap akhir
kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi.
Hal ini dilaksanakan untuk….
a.
mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur
efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur
hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d. menentukan
langkah-langkah pertemuan berikutnya
e. mengetahui materi
yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
|
15. Penilaian diatur
dalam permendiknas RI Nomor …………..
a. Permendiknas RI
Nomor 16 tahun 2007
b. Permendiknas
RI Nomor 20 tahun 2007
c. Permendiknas RI
Nomor 41 tagun 2007
d. Permendiknas RI
Nomor 13 tahun 2007
e. Permendiknas RI
Nomor 19 tahun 2007
|
16. Untuk menghindari
penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta
didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a.
soal pilihan ganda
b.
soal jawaban singkat
c.
soal uraian objektif
d. kriteria
e. tes performance
|
17. Penilaian
portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a.
memberikan penilaian menyeluruh terhadap
tugas-tugas peserta didik
b.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes
harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
c.
mengumpulkan hasil kerja masing-masing
peserta didik yang telah diberikan masukan
baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti
hasil belajar
d.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil ulangan tiap peserta didik
untuk melihat kesulitan
peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan
pembelajaran dan tes remidi
e.
mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan
tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik
|
18. Dalam
mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar,
harus memperhatikan….
a. substansi,
konstruksi, bahasa
b. substansi,
konstruksi, validitas, skor
c. substansi, bahasa
konstruksi, skor
d. substansi,
validitas, bahasa, reliabilitas
e. substansi,
konstruksi, validitas, reliabilitas
|
19. Di bawah ini yang
merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a.
Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes,
penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b.
Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal,
penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c.
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma,
menggunakan berbagai teknik dan instrument
penilaian
d.
Belajar tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria,
menggunakan berbagai teknik dan instrument
penilaian
e. Tes tertulis, tes
lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio
|
20. Pernyatan-pernyatan
di bawah ini yang betul adalah….
a.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik
digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi
peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan
dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan
kenaikan kelas, ujian sekolah
c.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata
pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d.
Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN)
dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e.
Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok
IPTEK, agama dan akhlak mulia,
kewarganegaraan dan kepribadian
|
21. Untuk memperoleh
penilaian hasil belajar yang baik meliputi
aspek….
a. kepribadian,
kognitif, afektif
b. kognitif,
kepribadian, psikomotor
c. afektif, kognitif, mental
d. kognitif,
psikomotor, afektif
e. psikomotor,
kognitif, minat
|
22. Upaya guru dalam
memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar
yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
a. guru memberikan
tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b. guru menggunakan
pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat
|
pembelajaran berlangsung
c. guru mewawancarai
tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
d. guru
menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
|
23. Penilaian proses
secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
a. memberikan
penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b. memberikan
pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali
proses pembelajaran
c. mengadakan ulangan
harian rutin secara terjadwal
d. mengadakan ulangan
harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
e. mengadakan ulangan
tengah semester dan akhir semester
|
24. Penilaian
merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip
penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
a. sahih (valid),
adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif,
efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b. terbuka, bermakna,
adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma
c. sahih (valid),
adil, terbuka, bermakna, objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu,
menyeluruh
d. terbuka, adil,
bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan,
adil
e. sahih
(valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan
kriteria, akuntabel
|
26. Sebelum merumuskan
tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
a. Menentukan
alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
b. Menyusun
kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c. Mengidentifikasi
materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
d.
Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
e. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang
akan digunakan ( terdapat pada silabus yang
telah disusun)
|
27. Dalam merumuskan
tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
a. Alokasi waktu yang
dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
b. SK, KD,
dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
c. Alat/bahan/ sumber
belajar yang digunakan
d. Kriteria
penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
e. Identifikasi
materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus
|
28. Sejumlah kemampuan
yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai
rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
a.
Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Kompetensi
Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
|
29. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik
yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai
pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a. Standar Kompetensi
b.
Kompetensi Dasar
c. Standar Kompetensi
Mata Pelajaran
|
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
|
30. Dalam
mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini,
KECUALI ..
a. Memandang
penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan
proses pembelajaran
b.
Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna,
terkait langsung dengan kehidpan nyata
c. Mengembangkan
berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri
d. melakukan berbagai
strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai
jenis informasi tentang hasil belajar
e. Melakukan
penilaian kelas secara acak terhadap SK dan
KD
|
Mksih byk nih... berguna bgt
ReplyDeleteSmoga msih sama tgl 2 november nnti
ReplyDeleteTrima kasih ,semoga bermanfaaat
ReplyDelete