-->

SOAL UP/UTN PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK TAHUN 2017 LENGKAP DENGAN JAWABAN HALAMAN 6

Post a Comment
1.         Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
A.  Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.  Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
2.         Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.  Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.  Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
3.         Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A.  Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.  Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
4.         Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.  Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.  Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

SOAL PTK
5.         Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A.  Merumuskan masalah
B.  Mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. Menyusun proposal penelitian
6.         Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A.  Refleksi
B.  Observasi
C. Perencanaan
D. Pelaksanaan
7.         Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A.  Observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.  Refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. Perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. Perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
8.         Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A.  Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B.  Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
9.         Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A.  Kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B.  Keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. Keinginan untuk membantu guru
D. Kepedulian peneliti akan kinerja guru
10.      Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
A.  Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B.  Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
11.      Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A.  Pengumpulan data
B.  Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
12.      Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A.  Guru
B.  Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
13.      Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A.  Pelaksanaan tindakan
B.  Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
14.      Tujuan PTK adalah…
A.  Perbaikan KBM
B.  Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
15.      Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A.  Analisis
B.  Refleksi
C.  Observasi
D.  Diskusi
16.      Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
A.  Kesimpulan
B.  Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
17.      Persiapan awal dalam PTK adalah…
A.  Menyiapkan cara wawancara
B.  Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
18.      Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A.  Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B.  Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
19.      Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A.  Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.  Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.

SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN
20.      Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A.  Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.  Untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. Untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
21.      Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A.  Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B.  Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
22.      Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A.  Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B.  Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
23.      Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A.     Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B.     Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.    Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D.    Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
24.      Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A.  Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B.  Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. Mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
25.      Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah…
A.  Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap  Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B.  Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.

Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter