1.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran
tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial.
Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan.
Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung
dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D. Memberi
tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
2.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik
yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
3.
Dasar rancangan program remidi bagi peserta
didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. Tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. Sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
4.
Salah satu prinsip merancang program remidial
bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. Merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
SOAL
PTK
5.
Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan
tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut
merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A. Merumuskan
masalah
B. Mengidentifikasi
masalah
C. Merancang
PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. Menyusun
proposal penelitian
6.
Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan
(yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d)
bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan
pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. Refleksi
B. Observasi
C. Perencanaan
D. Pelaksanaan
7.
Model rancangan PTK terletak pada alur
pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau
ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur
penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. Observasi
--> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. Refleksi
--> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. Perencanaan
--> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. Perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
8.
Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana
paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri
2 Boyolali?
B. Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode
tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa
siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan
nasional?
D. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
9.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang
diteliti berasal dari ....
A. Kerisauan
guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. Keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C. Keinginan
untuk membantu guru
D. Kepedulian
peneliti akan kinerja guru
10. Di
bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran
diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan
yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya
empiris dan sistematis
11. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan
data
B. Menganalisis
masalah
C. Mencapai
tujuan
D. Menentukan
ruang lingkup
12. Peran
guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru
dan Peneliti
D. Objek
Penelitian
13. Berikut
ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan
tindakan
B. Observasi
dan intepretasi
C. Diskusi
balikan
D. Analisis
data
14. Tujuan
PTK adalah…
A. Perbaikan
KBM
B. Menyusun
teori baru
C. Memperbaiki
teori
D. Menyusun
generalisasi
15. Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
16. Latar
belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari
PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
17. Persiapan
awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan
cara wawancara
B. Membuat
analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat
rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan
fasilitas dan sarana
18. Proposal
penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan
untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian
tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian
projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
19. Berikut
ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi
solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis
kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan
tindakan
D. Observasi
dan inperetasi.
SOAL
REFLEKSI PEMBELAJARAN
20. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. Untuk
mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. Untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D. Untuk
mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan peserta pendidik.
21. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk
melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
22. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan
inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan
pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa
prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
23. Refleksi
terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan
beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
24. Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa
peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah
proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah
kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. Mengapa
peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang
kita lakukan
25. Pernyataan
berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah…
adalah…
A. Refleksi
merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi
terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan
pembelajaran.
B. Refleksi
merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah
pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi
diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran
yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
Refleksi
adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan
data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.
Post a Comment
Post a Comment