-->

SOAL UP/UTN PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK TAHUN 2017 LENGKAP DENGAN JAWABAN HALAMAN 5

Post a Comment

1.     Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….           
A.  Objektivitas.
B.  Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
2.     Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
A.  Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B.  Menyampaikan laporan ke atasannya
C. Menyusun rencana tindak lanjut
D. Menyusun laporan hasil pemantauan
3.     Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.  Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.  Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi 
4.     Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A.  Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.  Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
5.     Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.  Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.  Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
6.     Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A.  Menentukan kriteria keberhasilan belajar
B.  Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan pengajaran remidi
7.     Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A.  Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.  Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
8.     Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A.  Konstruktivisme
B.  Authentic assesment
C. Efektif
D. Kondusif

SOAL PENDEKATAN PENILAIAN
9.     Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....
A.  Penilaian acuan patokan
B.  Penilaian acuan norma
C. Penilaian tuntas
D. Penilaian berkelanjutan
10.  Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A.  Penilaian berkelanjutan
B.  Penilaian menyeluruh
C. Penilaian acuan patokan
D. Penilaian acuan norma
11.  Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A.  Penilaian berkelanjutan
B.  Penilaian autentik
C. Penilaian acuan patokan
D. Penilaian acuan norma

SOAL TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN
12.  Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A.  Tujuan penilaian
B.  Prinsip penilaian
C. Fungsi penilaian
D. Hasil penilaian
13.  Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A.  Prinsip penilaian
B.  Tujuan penilaian
C. Fungsi penilaian
D. Bentuk penilaian.
14.  Fungsi penilaian yang tepat adalah …
A.  Alat meningkatkan prestasi peserta didik
B.  Alat untuk menemukan gaya belajar peserta didik
C. Membantu peserta didik memahami materi pembelajaran
D. Sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan peserta didik.
15.  Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A.  Objektif
B.  Adil
C. Kooperatif
D. Terpadu.
16.  Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A.  Adil
B.  Objektif
C. Valid
D. Sistematis
17.  Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.  Adil
B.  Akuntabel
C. Valid
D. Sistematis
18.  Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.  Adil
B.  Objektif
C. Valid
D. Sistematis
19.  Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A.  Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.  Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D. Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek

SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
20.      Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A.  Fleksibilitas
B.  Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan


HALAMAN SELANJUTNYA                                                                               KEMBALI

Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter