1. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
2. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak
dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
A. Membuat
laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B. Menyampaikan
laporan ke atasannya
C. Menyusun
rencana tindak lanjut
D. Menyusun
laporan hasil pemantauan
3. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai
ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
4. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. Tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. Sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
5. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
6. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A. Menentukan
kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi
siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
C. Mencari
letak kelemahan
secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan
pengajaran remidi
7. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan
penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam suatu
album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
8. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa
dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. Kondusif
SOAL
PENDEKATAN PENILAIAN
9. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang
diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan,
sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran
dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu
telah ditetapkan dinamakan ....
A. Penilaian
acuan patokan
B. Penilaian
acuan norma
C. Penilaian
tuntas
D. Penilaian
berkelanjutan
10. Pendekatan
tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi
skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini
(PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. Penilaian
menyeluruh
C. Penilaian
acuan patokan
D. Penilaian
acuan norma
11. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang
didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria
ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan
mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung,
dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan
pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A. Penilaian
berkelanjutan
B. Penilaian
autentik
C. Penilaian
acuan patokan
D. Penilaian
acuan norma
SOAL
TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN
12. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. Tujuan
penilaian
B. Prinsip
penilaian
C. Fungsi
penilaian
D. Hasil
penilaian
13. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. Prinsip
penilaian
B. Tujuan
penilaian
C. Fungsi
penilaian
D. Bentuk
penilaian.
14. Fungsi
penilaian yang tepat adalah …
A. Alat
meningkatkan prestasi peserta didik
B. Alat
untuk menemukan gaya belajar peserta didik
C. Membantu
peserta didik memahami materi pembelajaran
D. Sebagai
kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan
peserta didik.
15. Assesment
hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai
berikut, kecuali:
A. Objektif
B. Adil
C. Kooperatif
D. Terpadu.
16. Penilaian
yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. Adil
B. Objektif
C. Valid
D. Sistematis
17. Penilaian
yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. Adil
B. Akuntabel
C. Valid
D. Sistematis
18. Penilaian
yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. Adil
B. Objektif
C. Valid
D. Sistematis
19. Di
bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil
belajar peserta didik, kecuali….
A. Ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. Menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. Ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D. Dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
SOAL
PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
20. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
HALAMAN SELANJUTNYA KEMBALI
Post a Comment
Post a Comment