-->

SOAL UP/UTN PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK TAHUN 2017 LENGKAP DENGAN JAWABAN HALAMAN 4

Post a Comment

1.     Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.  Project based learning
B.  Discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
2.     Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A.  Project based learning
B.  Inquiry learning
C. Discovery learning
D. Problem based learning
3.     Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A.  Project based learning
B.  Problem based learning
C. Discovery learning
D. Inquiry learning
4.     Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...
A.  Inquiry learning
B.  Problem based learning
C. Project based learning
D. Discovery learning
5.     Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....
A.  Problem solving learning
B.  Problem based learning
C. Project based learning
D. Discovery learning
6.     Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1)  Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)  Mendesain Perencanaan Proyek,
3)  Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)  Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)  Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)  Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A.  1-2-3-4-5-6
B.  1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
7.     Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)  Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)  Orientasi siswa pada masalah
3)  Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4)  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A.  1-2-3-4
B.  2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
8.     Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.
1)  Orientasi siswa pada masalah
2)  Mengorganisasi siswa dalam belajar
3)  Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4)  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5)  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....
A.  Discovery learning
B.  Project based learning
C. Problem solving learning
D. Problem based learning

SOAL PENILAIAN
9.     Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….  
A.  Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.  Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
10.  Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A.  Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B.  Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif. 
11.  Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   
A.  Pencapaian standar kompetensi
B.  Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
12.  Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A.  Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B.  Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
13.  Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A.  Pedoman observasi
B.  Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
14.  Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A.  Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B.  Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
15.  Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A.  Buku sumber yang digunakan
B.  Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
16.  Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A.  Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B.  Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
17.  Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
18.  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A.  Nilai batas ambang kompetensi
B.  Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
19.  Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A.  Mean
B.  Modus
C. Median
D. Simpangan baku
20.  Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A.  Penilaian hasil belajar peserta didik
B.  Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan

SELANJUTNYA                                                                                                           KEMBALI

Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter