1. Pak
Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding
question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan
berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso
tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. Discovery
Learning
C. Problem
Based Learning
D. Inquiry
learning
2. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut
merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project
based learning
B. Inquiry
learning
C. Discovery
learning
D. Problem
based learning
3. Ketika
memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk
pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil,
siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A. Project
based learning
B. Problem
based learning
C. Discovery
learning
D. Inquiry
learning
4. Sebelum
memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta
didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta
didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik
dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara
itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi,
dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...
A. Inquiry
learning
B. Problem
based learning
C. Project
based learning
D. Discovery
learning
5. Pak
Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini
dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas
kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan
mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses,
cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang
dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....
A. Problem
solving learning
B. Problem
based learning
C. Project
based learning
D. Discovery
learning
6. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1) Penentuan
Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain
Perencanaan Proyek,
3) Menyusun
Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of
the Project),
5) Menguji
Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
7. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
2) Orientasi
siswa pada masalah
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun
mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan
langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
8. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.
1) Orientasi
siswa pada masalah
2) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
5) Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan
fase dalam pembelajaran dengan model ....
A. Discovery
learning
B. Project
based learning
C. Problem
solving learning
D. Problem
based learning
SOAL PENILAIAN
9. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari
kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan
guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan
guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
10. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
11. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
12. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program
tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program
tindak lanjut
13. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
14. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang
akan dilakukan ?
A. Memindahkan tempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
15. Sebelum guru menyusun
soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali
harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
16. Salah satu prinsip dalam
penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan
yang harus diukur
B. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran
C. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang
kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk
semua aspek kompetensi
17. Instrumen penilaian hasil
belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal
memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur
mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif
sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan
ulangan akhir semester
18. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria
ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
19. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua
peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung
nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
20. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru
dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
SELANJUTNYA KEMBALI
Post a Comment
Post a Comment