1. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
2. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak
dipelajari
D. Menarik
minat
3. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang
dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
SOAL
MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
4. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan
pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok
kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media
termasuk ke dalam kriteria...
A. Tujuan
B. Sasaran
didik
C. Ketersediaan
D. Konteks
penggunaan
5. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik
harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik
harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
6. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A. Media
yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. Media
yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C. Media
tradisional dan media berbasis tik
D. Media
dua dimensi dan media tiga dimensi
7. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran
yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur
sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
8. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran
adalah:
A. Media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis
tik
B. Sebuah
media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. Media
dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. Memilih
media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
9. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut
adalah:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar
B. Membuat
konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
10. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari
media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
11. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. Book
B. Forum
C. Blog
D. E-portofolio
12. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi
mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet
tersebut adalah…
A. Program
mencari informasi
B. Program
desktop publishing
C. Program
untuk menjelajahi laman
D. Program
penciptaan laman
13. Seorang
guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat
menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search
engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
A. www.gmail.com
B. www.google.com
C. www.hotmail.com
14. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin
pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
15. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan
berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
- Microsoft
Database
- Microsoft
PowerPoint
- Microsoft Desktop
Publishing
- Microsoft Word
16. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
Spread Sheet
C. Microsoft
Power point
D. Microsoft
Desktop Publishing
17. Tools
pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing.
Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir
pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah...
A. Quiz
B. Page
C. Lesson
D. Blog
18. Dalam
pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran
elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik
adalah…
A. Penulis
konten (content writer)
B. Penata
grafis (design grafis)
C. Perancang
pembelajaran (course design)
D. Pemrogram
komputer (computer programmer).
19. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan
bagian dari model pembelajaran…
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
20. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna
menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut
bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu
merupakan bagian dari model pembelajaran….
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
LANJUTKAN MEMBACA KEMBALI
Post a Comment
Post a Comment