1. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
SOAL
PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya
dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
3. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
4. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
5. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
6. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk
setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Dijabarkan dari....
A. Silabus
untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus
untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus
untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus
untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
7. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran
bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi
dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator
: menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan
Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP
tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi
aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
8. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru
sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
A. Metode mengajar yang digunakan guru
B. Karakteristik bahan ajar
C. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
9. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran
sebagai berikut:
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan
penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2) Berperan sebagai
fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara
penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta
konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan
menggunakan pembelajaran yang berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
10. Menurut
Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit
pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun.
Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan
media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian
tugas yang tersetruktur.
C. Penggunaan
metode bervariasi
D. Menekankan
berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan
evaluasi
C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
síntesis.
12. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
13. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain;
berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
14. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
15. Kemampuan yang paling penting
dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D. Merawat media dan alat bantu
16. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
17. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa
mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum
dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
18. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran
yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
19. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
20. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara
kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara
fungsional dalam mencapai kompetensi.
SELANJUTNYA KEMBALI
Post a Comment
Post a Comment