PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan
untuk memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan
kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan
peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak
adalah.....
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan
dan lingkungan
3. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang
intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan
kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit
(operasional formal)
SOAL
KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5. Kemampuan
peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral
6. Seorang
peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu
mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu
memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral
B. Spiritual
C. Sosial
emosional
D. Kognitif
7. Seorang
peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak
memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain
yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan
cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan
dalam perkembangan ...
A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spritual
SOAL
PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8. Peserta
didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan
tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku
moral-spritual pada tahapan ...
A. Penalaran
pascakonvensional
B. Penalaran
konvensional
C. Penalaran
prakonvensional
D. Penalaran
interkonvensional
9. Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan
perkembangan moral ...
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
SOAL
KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A. Mengemukakan
gagasan
B. Mengaktualisasikan
diri
C. Penciptaan
hubungan yang baik
D. Menformulasikan
tindakan
11. Tindakan
yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang
diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa
mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk
dipelajari siswa
D. Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
12. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. Kesulitan
akademis
B. Gangguan
simbolik
C. Gangguan
non simbolik
D. Gangguan
sosial
13. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu
siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
14. Cara
yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi
kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A. Sosiometri
B. Angket
C. Wawancara
D. Brainstorming
15. Bila
anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi
pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat
duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi
penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan
bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan
seluruh peserta didik membaca buku sumber
16. Peserta
didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela
menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan,
serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa.
hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor
...
A. Keluarga
B. Sosial
C. Kondisi
fisik
D. Intelektual
SOAL
TEORI BELAJAR
17. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan
dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
18. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
19. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Nativisme
20. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
Post a Comment
Post a Comment