A.
113. Dikaitkan dengan
tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat
membantu guru untuk .......
A.
mengatasi masalah
siswa
B.
memperbaiki pembelajaran
C.
berkembang secara
profesional
D.
berkolaborasi dengan guru lain
114. Ibu Siti terbiasa
menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa
dalam pelajaran bahasa indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga
mencoba menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika anda menemuan
kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut.
Langkah- langkah yang dilakukan Ibu Siti tersebut
dapat dikatagorikan sebagai
langkah awal dalam .........
A.
perkembangan profesional
B.
melakukan PTK
C.
memperbaiki pembelajaran
D.
menerapkan manfaat
PTK
115. Berikut ini adalah
manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali .........
A.
membantu guru memperbaiki pembelajaran
B.
memungkinkan guru berkembang secara profesional
C.
memungkinkan guru mengembangkan karir
D.
menambah rasa percaya diri
116. Sekolah yang maju
embawa dampak bagi kemajuan para guru. Demikian pula sebaliknya. Oleh karena
itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan Penelitian Tindakan
Kelas(PTK), sekolah akan berpotensi untuk ........
A.
meraih popularitas
B.
menghasilkan siswa
teladan
C.
menerbitkan karya-karya penelitian
D.
menghasilkan berbagai teknik pembelajaran
117. Ibu Ita, seorang
guru IPS berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian Tindakan
Kelas (PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan
siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja
lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena
para siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswapun membuat
pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja
cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi
di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam
hal ini ........
A.
Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi model
bagi siswa
B.
Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
C.
Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
D.
Siswa dapat memperbaiki proses dan
hasil belajarnya
118. Guru yang tampil
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor,
antara lain sebagai
berikut, kecuali ......
A.
Munculnya perasaan lebih mampu
dibandingkan teman sejawat yang lain
B.
Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
C.
Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
D.
Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah sendiri
119. Keterbatasan
Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada .......
A.
metodologi
B.
validitas
C.
instrumen yang digunakan
D.
reliabilitas hasil yang dicapai
120. Hasil Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena .....
A.
sampel terbatas pada kelas yang diajar
B.
masalah yang diteliti sangat spesifik
C.
metodologi sangat
longgar
D.
PTK dilakukan oleg guru, bukan oleh peneliti
121. Agar Penetian
Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai kondisi
atau persyaratan. Kondisi
tersebut antara lain sebagai berikut
, kecuali ..........
A.
adanya kebebasan bagi para guru untuk berinovasi
B.
birokrasi yang ketat
C.
dukungan dari semua personil sekolah
D.
ada rasa saling mempercayai antara personil sekolah
termasuk siswa
122. Kemauan guru untuk
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh iklim
sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ......
A.
Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
B.
Melakukan perubahan jadwal pelajaran
C.
Menetapkan masalah bagi kelasnya
D.
Meminta siswa mengikuti perintahnya
123. Penetian Tindakan
Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ........
A.
guru
B.
peneliti
C.
guru sebagai peneliti
D.
guru bersama dosen
124. Tujuan penelitian
Tindakan Kelas adalah untuk ......
A.
mengungkapkan kebenaran
B.
menjawab masalah guru
C.
memperbaiki kinerja guru
D.
mengumpulkan informasi
125. Metode utama dalam
penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya
metode yang digunakan .......
A.
bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
B.
longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
C.
hasil observasi/kesan dari guru
D.
bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian.
126. Dalam Penelitian
tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ......
A.
keriasauan guru akan kinerjanya
B.
keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.
keinginan untuk membantu guru
D.
kepedulian peneliti akan kinerja guru
127. Penelitian tindakan
kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal ............
A.
pelaku penelitian
B.
tujuan penelitian
C.
tempat penelitian
D.
asal masalah yang
diteliti
128. Penelitian tidakan
kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali ...
A.
PTK memang untuk guru
B.
guru paling akrap dengan suasana kelas
C.
masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti
D.
guru bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.
129. Seorang Dosen
Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar
kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR
yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR
tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi
mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara
mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara
tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu
kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh
dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena ........
A.
Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
B.
masalah penelitian muncul dari
kerisauan guru
C.
terjadi pertemuan setiap minggu
D.
dosen Perguruan Tunggi membantu guru memecahkan masalahnya
130. Guru dianggap lebih
sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut,
kecuali ......
A.
dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih
memahami keadaan di kelas
B.
kelas merupakan wilayah guru
C.
hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
D.
temuan peneliti luar sulit diterapkan
oleh guru
131. Dilihat dari segi
tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai
........
A.
Peneliti dari dalam
B.
Praktisi yang membangun teori
C.
Subjek penelitian
D.
Pengajar dan peneliti
132. Sebagai pekerja
profesional, guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas
(PTK) karena .........
A.
PTK membantu guru berkembang secara profesional
B.
guru paling akrab dengan siswa
C.
kelas memang merupakan wilayah guru
D.
PTK merupakan bagian dari tugas profesional guru
133. Empat langkah pokok
dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah ........
A.
merencanakan, melaksanakan tindakan, refleksi,
analisis data
B.
refleksi, analisis data, merencanakan, melaksanakan tindakan
C.
merencanakan, melaksanakan tindakan,
mengamati, refleksi
D.
refleksi, merencanakan, melaksanakan tindakan,
analisis data
134. Untuk
mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran
yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai
pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut,
kecuali
........
A.
apa yang terjadi dikelas saya
B.
berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
C.
dengan siapa saya harus mendiskusikan
asalah ini
D.
apa dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya
biarkan saja
135.
Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau
banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali ............
A.
tingkat keseriusan
masalah
B.
kemampuan guru untuk menangani
C.
ada tidaknya mitra kolaborasi
D.
kompleks tidaknya masalah tersebut
136. Setelah menentapkan
dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan perbaikan atau
mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah, guru dapat
melakukan hal-hal berikut, kecuali ................
A.
mengkaji teori yang relevan dengan masalah
B.
menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
C.
berdiskusi dengan teman sejawat
D.
mengingatkan kembali pengalaman yang terkait dengan
maslah tersebut
137. Cara pemecahan yag
dipilih haruslah sesuai dengan ...........
A.
kondisi lingkungan
sekolah
B.
jumlah siswa dalam
elas
C.
waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.
sarana dan fasilitas yang tersedia
138. Sebelum melaksanakan
tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ....
A.
daftar hadir
B.
skenario tindakan
C.
sarana dan fasilitas pendukung
D.
cara menganalisis
data
139. Jika sebelum
melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam
pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali
.........
A.
data yang dikumpulkan akan mubasir
B.
data yang diperlukan tidak terjaring
C.
guru yang bingung menafsirkan data
D.
guru tidak memerlukan data
140. Ibu ida seorang guru
SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya
menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia
merasa siswa sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat
teman- temannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami
oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ......
A.
identifikasi masalah
B.
analisis masalah
C.
merumuskan masalah
D.
merencanakan perbaikan
141. Dalam melaksanakan tindakan,
guru harus memperhatikan beberapa kriteria di
antaranya
.......
A.
guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
B.
penelitian jangan sampai mengganggu
komitmen guru sebagai pengajar
C.
guru harus memperhatikan kemampuan siswa
D.
perhatian guru harus terfokus pada masalah yang
ingin dipecahkan
142. Bapak Sutarji
mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru,
teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap siswa di kelas. Ia
sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang bai serta
beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta
rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru
merespons jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta cara merekamnya
sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria pelaksanaan tindakan,
kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
A.
guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
B.
metodologi yang diterapkan harus reliabel
C.
pengumpulan data jangan sampai menyita
waktu guru terlampau banyak
D.
masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru
HALAMAN SELANJUTNYA KEMBALI
ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
ReplyDeletehanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^