112. Tahap observasi –
implementasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindkan. Dalam kajian
ini, observasi – interprestasi utlak diperlukan agar guru dapat ......
A.
memantau jalanya
pembelajaran
B.
melakukan berbagai penyesuaian
C.
mengetahui kualitas respons siswa
D.
memantau pendapat
pengamat
113. Idealnya, dalam PTK
guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga
yang mengamati dan melakukan interprestasi adalah guru sendiri. Namun,
kadang-kadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi
hal ini, guru dapat .........
A.
memilih salah seorang siswa menjadi pengamat
B.
meminta kepala sekolah untuk mengamati pelajarannya
C.
megumpulkan alat bantu rekaman
D.
mewawancarai siswa setelah pelajaran selesai
114. Prinsip dasar
observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip yang
berkaitan dengan .......
A.
fokus observasi
B.
perencanaan awal
C.
ketrampilan mengobservasi
D.
balikan (feedback)
115. Ketika melakukan
observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik
kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan
meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi
antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut, tetapi
menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak untuk menemukan
makna peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku pengamat seperti itu merupakan
penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan dengan ........
A.
perencanaan awal
B.
fokus observasi
C.
membangun kriteria
D.
ketrampilan observasi
116. Jika seorang guru
ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam
memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis observasi yang paling tepat
digunakan adalah observasi .........
A.
terbuka
B.
terfokus
C.
terstruktur
D.
sistematik
117. Pada pertemuan
pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan pengamat menyepakati hal-hal
berikut, kecuali .......
A.
Jumlah siswa yang akan ikut dalam pembelajaran
B.
Fokus pengamatan
C.
Konteks pembelajaran yang dikelola guru
D.
Kriteria yang digunakan dalam interprestasi
118. Selain melalui
observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut, kecuali .......
A.
wawancara dengan orang tua
B.
catatan/laporan guru
C.
berbagai dokumen hasil belajar siswa
D.
wawancara dengan siswa
119. Analisis data
dilakukan dengan menempuh berbagi langkah, yang pada akhirnya bertujuan untuk ..........
A.
menyeleksi dan mengelompokkan data
B.
menyeleksi dan menafsirkan data
C.
memperoleh informasi tentang proses
dan dampak perbaikan
D.
mendapat informasi tentang perilaku mengajar guru
120. Melihat hasil
latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 siswa yang
mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari encoba mengingat-ingat
apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan rumus matematika dalam
memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan
mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia
tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula, siswa yang duduk di
deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di
papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati
oleh ibu Sutari .................
A.
mengumpulkan data
B.
menganalisis data
C.
melakukan refleksi
D.
merencanakan perbaikan
121. Perencanaan tindak
lanjut, yang merupakan salah satu langkah dalam siklus PTK, dapat diwujudkan
dalam bentuk ...............
A.
pedoman observasi
B.
revisi rencana perbaikan
C.
program PTK secara
utuh
D.
pedoman analisis
data
122.
Berikut adalah contoh-contoh masalah pembelajaran
yang mungkin dihadapi guru, kecuali
..............
A.
pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa
B.
perhatian siswa pada pelajaran kurang
C.
banyak siswa yang belum membayar SPP
D.
hasil ulangan siswa
rendah
123. Agar mampu
mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ......
A.
peka terhadap situasi kelas
B.
bertanya kepada teman sejawat
C.
mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
D.
bertanya kepada kepala sekolah
124. Tujuan utama
menganalisis masalah pembelajaran adalah ..............................
A.
mencari hakikat masalah
B.
menemukan akar penyebab masalah
C.
merinci masalah menjadi bagian-bagian kecil
D.
menemukan cara pemecahan masalah
125. Analisis masalah
dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali .................
A.
mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang
berbagai aspek pembelajaran
B.
menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
C.
menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan
hasil belajar siswa
D.
membaca berbagai teori belajar
126. Rumusan masalah
dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari rumusan berikut, yang mana
paling tepat disebut sebagai rumusan masalah
PTK?
A.
apakah permaianan peran dapat meningkatkan keaktifan
siswa kelas X SMK Wanabakhti
B.
bagaimana cara mengajukan pertanyaan
agar mampu membuat aktif siswa dalam pelajaran Matematika di SMK Negeri Sawangan
C.
mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi
juara dalam berbagai perlombaan nasional
D.
bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal
dari lingkungan sekitar sekolah
127. Tindakan perbaikan
dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut,
kecuali ............
A.
Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah
pembelajaran yang dihadapi
B.
Mengulangi apa yang pernah dilakukan
ketika menghadapi masalah yang sama
C.
Berdiskusi dengan para pakar
D.
Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam
menghadapi masalah yang sama
Untuk menjawab pertanyaan nomor 167 s/d 170, bacalah
terlebih dahulu kasus berikut ini. Kasus Pembelajaran
Ibu Ani, guru bahasa inggris kelas XII di SMK Negeri 8
Panderman, mula-mula menjadi risau karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya
yang mau menjawab dengan bahasa inggris,jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa
lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan
guru. Ibu Ani sering kesal dan elanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan
anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu
ani biasanya meneruskan pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana
yang ada dalam buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku
secara tertulis. Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali
memberi perhatian pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan
cara ini, Ibu Anipun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang
semester tanpa ada upaya perbaikan. Hasil tes bahasa inggris para siswa
sedang-sedang saja karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan
grammar. Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SMK
tersebut, tidak seorangpun dari siswa Bu Ani yang berani menjawab pertanyaan
tamu tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Bu Ani dipanggil oleh
kepala sekolah, dan diminta untuk berupaya agar
para siswa mampu berbahasa Inggris, meskipun yang paling sederhana.
Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakan kembali oleh
bu Ani.
128. Masalah yang terjadi
dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat digolongkan sebagai
masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali .......
A.
strategi pembelajaran
B.
sumber dan media pembelajaran
C.
evaluasi hasil pembelajaran
D.
motivasi belajar
129. Akar penyebab
masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai berikut,
kecuali ......
A.
latihan berbicara tidak mendapat tekanan
B.
bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada siswa
yang tidak mau menjawab
C.
bu Ani tidak menggunakan lab bahasa
ketika mengajar
D.
kemampuan berbicara siswa tidak dinilai
130. Jika Bu Ani ingin
memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK, pilihan rumusan masalah
PTK yang paling
tepat untuk kegiatan
PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah
.....
A.
bagaimana cara memberi latihan
berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara
siswa kela XII SMK
B.
apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan secara
intensif dengan memanfaatkan laboratorium bahasa ?
C.
bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam berbicara?
D.
apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih
berbicara ?
131. Jika Anda yang
menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat untuk memecahkan
masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
A.
guru selalu menggunakan bahasa inggris dalam
mengajar dan tidak mau menerima jawaban dalam bahasa indonesia
B.
guru memberikan latihan berbicara
dalam bahasa inggris secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan menulis
C.
guru meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
D.
guru memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar
132. Kegiatan Penetian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ........
A.
meningkatkaan kualitas mengajar
B.
membantu kenaikan
pangkat
C.
meningkatkan mutu
pendidikan
D.
membuat karya ilmiah
133. Yang tidak termasuk
kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
A
memperhatikan perkembangan kognitif, memanfaatkan
prinsip kepribadian, mengidentifikasi potensi anak didik
B
menerapkan teori pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran
C
membuat setting pembelajaran dan melaksanakan
pembelajaran yang kondusif
D
Merancang dan melaksanakan evaluasi, menganalisis
hasil evaluasi, memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
E
Memahami materi ajar yang ada di
kurikulum, materi, dan konsep keilmuan lainnya
134. Seorang guru aktif
dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah
melaksanakan kompetensi ……...
A
Kompetensi Pedagogik
B
Kompetensi Kepribadian C Kompetensi Professional D Kompetensi Sosial
E Kompetensi Manajerial
135. Seorang guru SMK
gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya
guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ........................
A
Kompetensi Pedagogik
B
Kompetensi Kepribadian
C Kompetensi Professional D
Kompetensi Sosial
E Kompetensi Manajerial
136. Yang tidak termasuk
kompetensi kepribadian bagi guru adalah …… A berkomunikasi dan bergaul efektif
dengan peserta didik
B
kemandirian dalam bertindak dan etos kerja guru
C
Menampilkan tindakan yang didasarkan pada
kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
D
Memiliki perilaku positif terhadap anak didik
Bertindak
sesuai norma religius (iman, taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa
ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
ReplyDeletehanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^