-->

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TERBARU 2019

Post a Comment
KISI-KISI UP UKM PPG
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
CAPAIAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR ESENSIAL
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Memetakan kompetensi bahasa (language proficiency) peserta didik dalam kelas bahasa Inggris.
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Menjelaskan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik berdasarkan tipe belajar peserta didik.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Menjelaskan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum bahasa Inggris.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
Mengaitkan pengalaman belajar peserta didik dengan materi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
Merumuskan indikator penilaian.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
Merumuskan instrumen penilaian.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Memanfaatkan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
Menerapkan berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
Menerapkan komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa Inggris.
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik.
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Menentukan strategi pemecahan masalah pembelajaran melalui
PTK
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Menerapkan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan gambaran umum dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement.


Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi rinci dalam teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk manual.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan langkah-langkah aktivitas yang disebutkan dalam teks pendek berbentuk manual
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi rinci dari teks pendek berbentuk decriptive.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks pendek berbentuk decriptive.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan rujukan informasi tersirat dari teks tertulis berbentuk procedure.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan langkah-langkah kegiatan yang tersebut dalam teks berbentuk procedure.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan hubungan antar bagian dalam teks procedure.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan gambaran umum dari teks tertulis berbentuk report/recount.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi  rinci dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk report/recount.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan maksud tersirat dari isiteks berbentuk table/graph/map
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menarik simpulan makna yang terkandung dalam teks berbentuk table/graph/map
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk  spoof/biography .
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menarik simpulan dari teks tertulis berbentuk spoof/biography.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan nilai/pelajaran yang tersirat dalam teks berbentuk spoof/biography.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk narrative.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menarik simpulan dari teks tertulis berbentuk narrative.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan nilai/pelajaran yang tersirat dalam teks berbentuk narrative.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi umum tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk explanation/review.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk explanation/review.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan pikiran utama/topik/tema teks tertulis berbentuk explanation/review.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan informasi rinci dari teks pendek berbentuk  analytical/hortatory exposition.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menentukan rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks pendek berbentuk  analytical/hortatory exposition.
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement,  manual,   descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
Menunjukkan sikap penulis yang tersirat dalam teks tertulis berbentuk  analytical/hortatory exposition.
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Melengkapi  rumpang pada teks pendek dengan frasa yang sesuai.
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Melengkapi  rumpang pada teks pendek dengan klausa yang sesuai.
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Mensubstitusi  kata dalam ungkapan tulis dengan kata yang bersinonim
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Mensubstitusi  kata dalam ungkapan tulis dengan kata yang berantonim
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Mengungkapkan makna berbentuk ungkapan dengan urutan gramatika yang benar pada frasa nomina
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Mengungkapkan makna berbentuk ungkapan dengan urutan gramatika yang benar pada klausa
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna dalam  penggalan teks exposition menggunakan  ungkapan lain yang sesuai (berbentuk rephrase dari phrase)
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna dalam  penggalan teks exposition menggunakan  ungkapan lain yang sesuai (berbentuk rephrase dari klausa)

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat dalam Relative pronouns
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat berbentuk Conditional sentence.
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat berbentuk Passive construction
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat berbentuk Place [removed]in which, from which, at which, dll.)
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure ungkapan berbentuk frasa nomina
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure ungkapan berbentuk frasa verba
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure ungkapan berbentuk frasa ajektiva
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna yang tersurat dalam  kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar berbentuk frasa nomina
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna yang tersurat dalam  kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar berbentuk frasa verba
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna yang tersurat dalam  kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar berbentuk ajektiva
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna yang berupa main idea dalam  teks explanation dengan benar
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyampaikan makna yang berupa supporting detail dalam  teks explanation dengan benar
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan peranti kohesif berbentuk sentence connector
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan peranti kohesif berbentuk penghilangan unsur ungkapan

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan peranti kohesif berbentuk penambahan ungkapan yang relevan
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Melengkapi paragraph dengan ungkapan yang menunjukkan hubungan logis dengan unsur paragraph sesudahnya.
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive,  explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menyusun kalimat acak menjadi paragraf exposition yang  penyusunnya logis














Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter