KISI-KISI UP UKM PPG
|
|
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
|
|
CAPAIAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR ESENSIAL
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Memetakan kompetensi bahasa (language proficiency)
peserta didik dalam kelas bahasa Inggris.
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Menjelaskan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik
berdasarkan tipe belajar peserta didik.
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
|
Menjelaskan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris.
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
|
Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum bahasa Inggris.
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
|
Mengaitkan pengalaman belajar peserta didik dengan materi pembelajaran
untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris.
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
|
Merumuskan indikator penilaian.
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
|
Merumuskan instrumen penilaian.
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di
dalam kelas maupun di luar kelas.
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Memanfaatkan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta
didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
untuk kepentingan pembelajaran
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
bahasa Inggris.
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
|
Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta
didik mencapai prestasi secara optimal.
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
|
Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi
peserta didik, termasuk kreativitasnya.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
|
Menerapkan berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan
santun, secara lisan, tulisan.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
|
Menerapkan komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa Inggris.
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan
hasil belajar
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar sesuai dengan karakteristik.
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan
hasil belajar
|
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
|
Menentukan strategi pemecahan masalah pembelajaran
melalui
PTK
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
|
Menerapkan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran bahasa Inggris
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan gambaran umum dari teks tertulis
fungsional pendek berbentuk advertisement.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan informasi rinci dalam teks tertulis
fungsional pendek berbentuk advertisement.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk manual.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan langkah-langkah aktivitas yang
disebutkan dalam teks pendek berbentuk manual
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan informasi rinci dari teks pendek berbentuk decriptive.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks
pendek berbentuk decriptive.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan rujukan informasi tersirat dari teks tertulis berbentuk
procedure.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan langkah-langkah kegiatan yang tersebut
dalam teks berbentuk procedure.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan hubungan antar bagian dalam teks procedure.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan gambaran umum dari teks tertulis berbentuk report/recount.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan informasi
rinci dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk report/recount.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan maksud tersirat dari isiteks berbentuk table/graph/map
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menarik simpulan makna yang terkandung dalam teks berbentuk
table/graph/map
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan informasi rinci dari teks tertulis
berbentuk spoof/biography .
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menarik simpulan dari teks tertulis berbentuk spoof/biography.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan nilai/pelajaran yang tersirat dalam teks berbentuk
spoof/biography.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.
|
Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk narrative.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menarik simpulan dari teks tertulis berbentuk narrative.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan nilai/pelajaran yang tersirat dalam teks berbentuk
narrative.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan informasi umum tujuan komunikatif dari
teks tertulis berbentuk explanation/review.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks
tertulis berbentuk explanation/review.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan pikiran utama/topik/tema teks tertulis berbentuk
explanation/review.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan informasi rinci dari teks pendek
berbentuk analytical/hortatory
exposition.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menentukan rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks
pendek berbentuk analytical/hortatory
exposition.
|
Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks
tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk
advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount,
table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation,
danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word
count.
|
Menunjukkan sikap penulis yang tersirat dalam teks tertulis
berbentuk analytical/hortatory
exposition.
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Melengkapi rumpang pada teks
pendek dengan frasa yang sesuai.
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Melengkapi rumpang pada teks
pendek dengan klausa yang sesuai.
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Mensubstitusi kata dalam
ungkapan tulis dengan kata yang bersinonim
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Mensubstitusi kata dalam
ungkapan tulis dengan kata yang berantonim
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Mengungkapkan makna berbentuk ungkapan dengan urutan gramatika yang
benar pada frasa nomina
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Mengungkapkan makna berbentuk ungkapan dengan urutan gramatika yang
benar pada klausa
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna dalam
penggalan teks exposition menggunakan
ungkapan lain yang sesuai (berbentuk rephrase dari phrase)
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna dalam
penggalan teks exposition menggunakan
ungkapan lain yang sesuai (berbentuk rephrase dari klausa)
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat
dalam Relative pronouns
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat
berbentuk Conditional sentence.
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat
berbentuk Passive construction
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat berbentuk Place
[removed]in which, from which, at which, dll.)
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure
ungkapan berbentuk frasa nomina
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure
ungkapan berbentuk frasa verba
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure
ungkapan berbentuk frasa ajektiva
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna yang tersurat dalam
kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar
berbentuk frasa nomina
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna yang tersurat dalam
kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar
berbentuk frasa verba
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive, explanation,
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna yang tersurat dalam
kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar
berbentuk ajektiva
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual,
report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna yang berupa main idea dalam teks explanation dengan benar
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyampaikan makna yang berupa supporting detail dalam teks explanation dengan benar
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan
peranti kohesif berbentuk sentence connector
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan
peranti kohesif berbentuk penghilangan unsur ungkapan
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan
peranti kohesif berbentuk penambahan ungkapan yang relevan
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Melengkapi paragraph dengan ungkapan yang menunjukkan hubungan logis
dengan unsur paragraph sesudahnya.
|
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk
manual, report,/recount, descriptive,
explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menyusun kalimat acak menjadi paragraf exposition yang penyusunnya logis
|
Post a Comment
Post a Comment