-->

SOAL UTN/UP KOMPETENSI PEDAGOGIK PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DAN JAWABAN

Post a Comment

SOAL EVALUASI KOMPETENSI PROFESIONAL 
PROGRAM PROFESI GURU

(Dikembangkan oleh PPG Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

PART 1 (Kompetensi Pedagogis)

Perintah: Pilihlah salah satu jawaban yang menurut Anda paling benar

1.        Kompetensi peserta didik bahasa Inggris di abad 21 ini berbeda dengan abad sebelumnya.  Ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki siswa abad 21, yaitu: 
A.       Komunikatif, kritis, berkolaborasi, kreatif, memiliki  literasi media, memiliki inisiatif.
B.       Ketrampilan belajar dan inovasi
C.       Kecakapan hidup dan karir
D.       berkolaborasi, kreatif, solutif, inovatif
E.        Berkomunikasi secara effektif, berpikir kritis, kreatif dan inovatif

2.        Ada beberapa faktor yang menyulitkan siswa untuk memiliki kompetensi di atas, antara lain adalah:
A.       Model pembelajaran ceramah
B.       Model pembelajaran yang berpusat pada guru
C.       Model pembelajaran terbimbing
D.       Model pembelajaran berorientasi pada hasil
E.        Model pembelajaran berpusat pada metode

3.        Prinsip pembelajaran bahasa yang mendidik mengajak peserta didik menjadi murid yang....
A.       mandiri, kreatif, komunikatif,
B.       mandiri, kreatif, dan efisien
C.       mandiri, kreatif, komunikatif,  dan efisien
D.       mandiri, kreatif, komunikatif,  dan inovatif
E.        kreatif, komunikatif, efisien dan inovatif

4.        Kurikulum bahasa Inggris memuat kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Selanjutnya guru mengembangkan rancangan pembelajaran dengan langkah berikut:
A.       KI dan KD – Tujuan Pembelajaran – Indikator – Materi pembelajaran – Evaluasi Pembelajaran berbasis Tujuan pembelajaran
B.       KI dan KD – Tujuan Pembelajaran –Materi pembelajaran – Evaluasi Pembelajaran
C.       KI dan KD – Indikator - Tujuan Pembelajaran – Materi pembelajaran – Evaluasi Pembelajaran berbasis Indikator
D.       KI dan KD – Tujuan Pembelajaran – Indikator – Materi pembelajaran – Evaluasi Pembelajaran berbasis Indikator
E.        KI dan KD – Tujuan Pembelajaran – Indikator – Materi pembelajaran – Evaluasi Pembelajaran

5.        Mengaitkan pengalaman belajar dengan materi pembelajaran sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Hal ini dikarenakan...
A.       peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang diberikan.
B.       poeserta didik akan lebih nyaman dalam mengikuti pelajaran.
C.       Peserta didik merasa tidak asing dengan materi pelajaran
D.       Peserta didik mudah memahami maksud guru.
E.        Guru lebih memahami latarbelakang peserta didik.



6.        Strategi  pembelajaran di abad 21 lebih menuntut guru untuk menguasai
A.       Materi, metode, dan teknologi
B.       Teknik, konten, dan metode
C.       konten, pedagogi, dan teknologi
D.       Teknologi, pedagogi, dan metode
E.        Pedagogi, konten, dan pendekatan

7.        Dalam merumuskan indikator penilaian, guru harus memperhatikan...
A.       Metode pembelajaran
B.       Materi pembelajaran
C.       Pendekatan Pembelajaran
D.       Teknik pembelajaran
E.        Tujuan Pembelajaran

8.        Peniaian yang digunakan pada abad 21 hendaknya memperhatikan menggunakan pendekatan pedagogik transformatif. Penilaian autentik merupakan jenis penilaian yang berdasar pada pendekatan tersebut.  Penilaian ini  bersifat komprehensif dimana guru dapat menilai berbagai aspek meliputi aspek…
A.       Pengetahuan, sikap, dan keterampilan
B.       Pengetahuan, sikap dan tata nilai, serta keterampilan
C.       Proses dan produk pembelajaran
D.       Pengetahuan, sikap, keterampilan, dan produk belajar
E.        Pengetahuan, sikap, keterampilan, termasuk proses dan hasil belajar

9.        Agar pembelajaran berhasil dengan baik, guru harus mengembangkan rancangan pembelajaran sebelum mengajar. Rancangan pembelajaran yang dikembangkan mencakup 3 hal pokok :
A.       tujuan pembelajaran, inti pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
B.       silabus, inti pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
C.       KI dan KD, inti pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
D.       Tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan inti pembelajaran
E.        metode pembelajaran, inti pembelajaran, evaluasi pembelajaran

10.    Rancangan pembelajaran dimulai dengan mencanangkan apa yang akan dicapai siswa dalam belajar.  Untuk mencanangkan tujuan tersebut guru harus menggunakan kurikulum sebagai dasar dengan cara …
A.       Mengembangkan KI dan KD
B.       Mengembangkan KI dan Indikator
C.       Mengembangkan KD dan Indikator
D.       Merumuskan KI dan KD
E.        Merumuskan Indikator tercapainya kompetensi

11.    Cara terbaik dalam merancang pembelajaran yang aktif adalah ...
A.       kekuatan dan preferensi konseptual, kebiasaan memproses informasi, kecerdasan majemuk, faktor motivasi, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belajar.
B.       Kekuatan dan preferensi konseptual, minat peserta didik , kecerdasan majemuk, faktor motivasi, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belajar.
C.       Kekuatan dan preferensi konseptual, status sosial, kebiasaan memproses informasi, faktor motivasi, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belajar.
D.       Kekuatan dan preferensi konseptual, kebiasaan memproses informasi, kecerdasan majemuk, faktor kultural, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belajar.
E.        Kebiasaan memproses informasi, kecerdasan majemuk, faktor kultural, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belajar.

12.    Karakteristik peserta didik yang dapat menjadi pertimbangan dalam mengaplikasikan pembelajaran, yakni ...
A.       gender, sekolah, usia, kultural, status sosial, dan minat.
B.       gender, etnik, sekolah, kultural, status sosial, dan minat.
C.       gender, etnik, usia, kultural, status sosial, dan minat.
D.       gender, etnik, usia, daerah, sekolah, dan minat.
E.        gender, sekolah, usia, kultural, dan minat.

13.    Penghambat dalam belajar secara berkelompok akan muncul apabila ...
A.       guru tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik.
B.       guru diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik.
C.       dalam memberikan tugas dapat diselesaikan oleh semua peserta didik.
D.       dalam memberikan tugas  sesuai dengan latar belakang ekonomi sosial peserta didik.
E.        dalam memberikan tugas dapat diselesaikan oleh semua peserta didik sesuai dengan latar belakang kehidupan masing-masing.

14.    Pak Tommy dalam proses pembelajaran terlebih dahulu melakukan pretes. Pretes dapat digunakan untuk ...
A.       memilih tema pembelajaran.
B.       membuat suasana antusias.
C.       memiliki minat belajar tinggi.
D.       Melihat kemampuan awal peserta didik.

15.    Gaya belajar visual mempunyai ciri-ciri ...
A.       peserta didik menyukai terapan.
B.       peserta didik mempunyai banyak simbol.
C.       peserta didik menyukai rekaman kaset.
D.       peserta didik menyukai belajar melalui gerak.
E.        peserta didik menyukai diskusi.

16.    Karakteristik peserta didik yang memiliki kecerdasan bahasa dapat dilihat ...
A.       menunjukkan minat dalam jurnalistik.
B.       menunjukkan keterampilan pemecahan yang logis.
C.       menggunakan hubungan sebab akibat dan hubungan logis suatu peristiwa.
D.       belajar dengan langsung terlibat.
E.        menunjukkan keterampilan pemecahan yang nalar.





17.    Kepekaan terhadap ekspresi wajah, suara, dan gerak isyarat termasuk kecerdasan...
A.       naturalis.
B.       intrapersonal.
C.       interpersonal.
D.       kinestetis.
E.        verbal

18.    Strategi pembelajaran dengan cara bercerita, diskusi, membaca, dan menulis dapat membangkitkan ...
A.       kecerdasan kinestetis.
B.       kecerdasan visual.
C.       kecerdasan musikal.
D.       kecerdasan linguistik.
E.        kecerdasan psikomotorik

19.    Perilaku yang ditekankan dalam  ranah afektif berupa ...
A.       memahami, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
B.       meniru, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
C.       menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
D.       mengingat, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
E.        menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.

20.  Taksonomi Bloom versi Anderson pada ranah kognitif memiliki tingkatan...
A.       mengingat, memahami, menerapkan menganalisis, mensintesis, mengevaluasi.
B.       mengingat, memahami, menerapkan menganalisis, mengevaluasi, mencipta.
C.       mengingat, memahami, menerapkan mensintesis, mengevaluasi, mencipta.
D.       mengingat, menghafal, memahami, menerapkan menganalisis, mengevaluasi.
E.        mengingat, memahami, menerapkan menganalisis, mensintesis, menghafal

21.         Penyusunan tujuan pembelajaran berdasarkan formula Robert Mager harus memenuhi unsur ...
A.       audience, condition, degree.
B.       audience, behavior, condition, degree.
C.       audience, behavior, degree.
D.       behavior, condition, contruction, degree.
E.        audience, condition

22.    Sintak pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran, yaitu
A.       mengamati, menanya, mengumpulkan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil.
B.       mengamati, menanya, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil.
C.       mengamati, menanyakan, mengumpulkan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil.
D.       mengamati, menanyai, mengumpulkan, mengasosiasikan, danmengkomunikasikan hasil.
E.        menanyakan, mengumpulkan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil.

23.    Kewajiban guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya ...
A.       merencanakan, membuat, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
B.       merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
C.       merencanakan, melaksanakan, meremidi, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
D.       merencanakan, melaksanakan, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran.
E.        merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

24.    Skala pengukuran hasil belajar yang bersifat kategorial disebut ...
A.       skala nominal.
B.       skala ordinal.
C.       skala interval.
D.       skala rasio.
E.        skala linier.

25.    Alat ukur berbentuk tes harus memenuhi persyaratan ...
A.       tingkat kesukaran, daya beda, dan jumlah pengecoh.
B.       Jumlah soal yang sulit, daya beda, dan keberfungsian pengecoh.
C.       tingkat kesukaran, daya beda, dan keberfungsian pengecoh.
D.       tingkat kesukaran, daya beda, dan banyaknya soal pengecoh.
E.        Jumlah soal yang sulit, dan keberfungsian pengecoh.

26.    Kelebihan tes berbentuk uraian adalah ...
A.       mengembangkan daya nalar peserta tes.
B.       materi terbatas sehingga validitas isi tinggi.
C.       mengembangkan dan menyusun soal sulit.
D.       kemampuan peserta tes menyusun kalimat mempengaruhi kualitas jawaban.
E.        mengembangkan dan memvalidasi soal sulit.

27.    Kelemahan tes berbentuk objektif adalah ...
A.       proses koreksi dan penyekoran mudah.
B.       informasi hasil tes dapat lebih cepat.
C.       memungkinkan terjadi kecurangan.
D.       mengembangkan dan menyusun soal mudah.
E.        proses penyekoran mudah.

28.    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan evaluasi, antara lain ...
A.       peserta didik, guru, dan soal.
B.       tujuan, instrumen, desain evaluasi.
C.       motivasi jawaban, cara menjawab, dan hasil jawaban.
D.       alat, pembaca, dan penganalisis.
E.        Instrument, pembaca, dan penganalisis,

29.    Perbedaan karakter peserta didik laki-laki dan perempuan adalah ...
A.       laki-laki sangat peduli dengan apa yang perempuan katakan.
B.       perempuan mencoba tidak peduli dengan apa yang laki-laki lihat.
C.       laki-laki tidak peduli dengan apa yang dilihat.
D.       perempuan akan tersenyum walaupu tidak bahagia.
E.        perempuan mencoba acuh dengan apa yang laki-laki lihat.

30.    Usia yang dimiliki peserta didik akan berkonsekuensi terhadap pendekatan pembelajaran. Menurut Piaget, peserta didik SMP dan SMA memasuki tahap...
A.       A.operasional formal.
B.       operasional konkrtit.
C.       senseori motor.
D.       praoperasional.
E.        senseori verbal.


kunci jawaban

INDO
No.  KNC No.  KNC
1 A 21 B
2 B 22 A
3 C 23 D
4 C 24 A
5 A 25 C
6 C 26 A
7 E 27 C
8 E 28 B
9 A 29 D
10 A 30 A
11 A
12 C
13 B
14 D
15 B
16 A
17 C
18 D
19 C
20 B

Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter