SOAL EVALUASI KOMPETENSI PROFESIONAL
PROGRAM PROFESI GURU
(Dikembangkan oleh PPG Bahasa Inggris Universitas Ahmad
Dahlan Yogyakarta)
PART 1 (Kompetensi
Pedagogis)
Perintah: Pilihlah salah satu jawaban yang menurut Anda
paling benar
1.
Kompetensi
peserta didik bahasa Inggris di abad 21 ini berbeda dengan abad
sebelumnya. Ada beberapa kompetensi yang
harus dimiliki siswa abad 21, yaitu:
A.
Komunikatif,
kritis, berkolaborasi, kreatif, memiliki
literasi media, memiliki inisiatif.
B.
Ketrampilan
belajar dan inovasi
C.
Kecakapan
hidup dan karir
D.
berkolaborasi,
kreatif, solutif, inovatif
E.
Berkomunikasi
secara effektif, berpikir kritis, kreatif dan inovatif
2.
Ada
beberapa faktor yang menyulitkan siswa untuk memiliki kompetensi di atas,
antara lain adalah:
A.
Model
pembelajaran ceramah
B.
Model
pembelajaran yang berpusat pada guru
C.
Model
pembelajaran terbimbing
D.
Model
pembelajaran berorientasi pada hasil
E.
Model
pembelajaran berpusat pada metode
3.
Prinsip
pembelajaran bahasa yang mendidik mengajak peserta didik menjadi murid yang....
A.
mandiri,
kreatif, komunikatif,
B.
mandiri,
kreatif, dan efisien
C.
mandiri,
kreatif, komunikatif, dan efisien
D.
mandiri,
kreatif, komunikatif, dan inovatif
E.
kreatif,
komunikatif, efisien dan inovatif
4.
Kurikulum
bahasa Inggris memuat kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
Selanjutnya guru mengembangkan rancangan pembelajaran dengan langkah berikut:
A.
KI dan
KD – Tujuan Pembelajaran – Indikator – Materi pembelajaran – Evaluasi
Pembelajaran berbasis Tujuan pembelajaran
B.
KI dan
KD – Tujuan Pembelajaran –Materi pembelajaran – Evaluasi Pembelajaran
C.
KI dan
KD – Indikator - Tujuan Pembelajaran – Materi pembelajaran – Evaluasi
Pembelajaran berbasis Indikator
D.
KI dan
KD – Tujuan Pembelajaran – Indikator – Materi pembelajaran – Evaluasi Pembelajaran
berbasis Indikator
E.
KI dan
KD – Tujuan Pembelajaran – Indikator – Materi pembelajaran – Evaluasi
Pembelajaran
5.
Mengaitkan
pengalaman belajar dengan materi pembelajaran sangat penting untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Hal ini
dikarenakan...
A.
peserta
didik akan lebih mudah memahami materi yang diberikan.
B.
poeserta
didik akan lebih nyaman dalam mengikuti pelajaran.
C.
Peserta
didik merasa tidak asing dengan materi pelajaran
D.
Peserta
didik mudah memahami maksud guru.
E.
Guru
lebih memahami latarbelakang peserta didik.
6.
Strategi pembelajaran di abad 21 lebih menuntut guru
untuk menguasai
A.
Materi,
metode, dan teknologi
B.
Teknik,
konten, dan metode
C.
konten, pedagogi, dan teknologi
D.
Teknologi,
pedagogi, dan metode
E.
Pedagogi,
konten, dan pendekatan
7.
Dalam merumuskan
indikator penilaian, guru harus memperhatikan...
A.
Metode
pembelajaran
B.
Materi
pembelajaran
C.
Pendekatan
Pembelajaran
D.
Teknik
pembelajaran
E.
Tujuan
Pembelajaran
8.
Peniaian yang digunakan pada abad 21 hendaknya
memperhatikan menggunakan pendekatan pedagogik transformatif. Penilaian
autentik merupakan jenis penilaian yang berdasar pada pendekatan tersebut. Penilaian ini
bersifat komprehensif dimana guru dapat menilai berbagai aspek meliputi
aspek…
A. Pengetahuan, sikap,
dan keterampilan
B. Pengetahuan, sikap dan
tata nilai, serta keterampilan
C. Proses dan produk
pembelajaran
D. Pengetahuan, sikap,
keterampilan, dan produk belajar
E.
Pengetahuan,
sikap, keterampilan, termasuk proses dan hasil belajar
9.
Agar
pembelajaran berhasil dengan baik, guru harus mengembangkan rancangan
pembelajaran sebelum mengajar. Rancangan pembelajaran yang dikembangkan
mencakup 3 hal pokok :
A. tujuan
pembelajaran, inti pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
B.
silabus,
inti pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
C.
KI dan
KD, inti pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
D.
Tujuan
pembelajaran, metode pembelajaran, dan inti pembelajaran
E.
metode
pembelajaran, inti pembelajaran, evaluasi pembelajaran
10.
Rancangan
pembelajaran dimulai dengan mencanangkan apa yang akan dicapai siswa dalam
belajar. Untuk mencanangkan tujuan
tersebut guru harus menggunakan kurikulum sebagai dasar dengan cara …
A.
Mengembangkan
KI dan KD
B.
Mengembangkan
KI dan Indikator
C.
Mengembangkan
KD dan Indikator
D.
Merumuskan
KI dan KD
E.
Merumuskan
Indikator tercapainya kompetensi
11. Cara
terbaik dalam merancang pembelajaran yang aktif adalah ...
A. kekuatan
dan preferensi konseptual, kebiasaan memproses informasi, kecerdasan majemuk,
faktor motivasi, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta
didik untuk belajar.
B. Kekuatan
dan preferensi konseptual, minat peserta didik , kecerdasan majemuk, faktor
motivasi, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk
belajar.
C. Kekuatan
dan preferensi konseptual, status sosial, kebiasaan memproses informasi, faktor
motivasi, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk
belajar.
D. Kekuatan
dan preferensi konseptual, kebiasaan memproses informasi, kecerdasan majemuk,
faktor kultural, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta
didik untuk belajar.
E.
Kebiasaan memproses informasi,
kecerdasan majemuk, faktor kultural, dan faktor fisiologis yang mempengaruhi
kemampuan peserta didik untuk belajar.
12. Karakteristik
peserta didik yang dapat menjadi pertimbangan dalam mengaplikasikan
pembelajaran, yakni ...
A. gender,
sekolah, usia, kultural, status sosial, dan minat.
B. gender,
etnik, sekolah, kultural, status sosial, dan minat.
C. gender,
etnik, usia, kultural, status sosial, dan minat.
D. gender,
etnik, usia, daerah, sekolah, dan minat.
E.
gender, sekolah, usia, kultural, dan minat.
13. Penghambat
dalam belajar secara berkelompok akan muncul apabila ...
A. guru
tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik.
B. guru
diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik.
C. dalam
memberikan tugas dapat diselesaikan oleh semua peserta didik.
D. dalam
memberikan tugas sesuai dengan latar
belakang ekonomi sosial peserta didik.
E.
dalam memberikan tugas dapat
diselesaikan oleh semua peserta didik sesuai dengan latar belakang kehidupan
masing-masing.
14. Pak
Tommy dalam proses pembelajaran terlebih dahulu melakukan pretes. Pretes dapat
digunakan untuk ...
A. memilih
tema pembelajaran.
B. membuat
suasana antusias.
C. memiliki
minat belajar tinggi.
D. Melihat
kemampuan awal peserta didik.
15. Gaya
belajar visual mempunyai ciri-ciri ...
A. peserta
didik menyukai terapan.
B. peserta
didik mempunyai banyak simbol.
C. peserta
didik menyukai rekaman kaset.
D. peserta
didik menyukai belajar melalui gerak.
E.
peserta didik menyukai diskusi.
16. Karakteristik
peserta didik yang memiliki kecerdasan bahasa dapat dilihat ...
A. menunjukkan
minat dalam jurnalistik.
B. menunjukkan
keterampilan pemecahan yang logis.
C. menggunakan
hubungan sebab akibat dan hubungan logis suatu peristiwa.
D. belajar
dengan langsung terlibat.
E.
menunjukkan keterampilan pemecahan yang
nalar.
17. Kepekaan
terhadap ekspresi wajah, suara, dan gerak isyarat termasuk kecerdasan...
A. naturalis.
B. intrapersonal.
C. interpersonal.
D. kinestetis.
E.
verbal
18. Strategi
pembelajaran dengan cara bercerita, diskusi, membaca, dan menulis dapat
membangkitkan ...
A. kecerdasan
kinestetis.
B. kecerdasan
visual.
C. kecerdasan
musikal.
D. kecerdasan
linguistik.
E.
kecerdasan psikomotorik
19. Perilaku
yang ditekankan dalam ranah afektif
berupa ...
A. memahami,
menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
B. meniru,
menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
C. menerima,
menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
D. mengingat,
menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
E.
menjalankan, menghargai, menghayati, dan
mengamalkan.
20. Taksonomi
Bloom versi Anderson pada ranah kognitif memiliki tingkatan...
A. mengingat,
memahami, menerapkan menganalisis, mensintesis, mengevaluasi.
B. mengingat,
memahami, menerapkan menganalisis, mengevaluasi, mencipta.
C. mengingat,
memahami, menerapkan mensintesis, mengevaluasi, mencipta.
D. mengingat,
menghafal, memahami, menerapkan menganalisis, mengevaluasi.
E.
mengingat, memahami, menerapkan
menganalisis, mensintesis, menghafal
21.
Penyusunan tujuan pembelajaran
berdasarkan formula Robert Mager harus memenuhi unsur ...
A. audience, condition, degree.
B. audience, behavior, condition, degree.
C. audience, behavior, degree.
D. behavior, condition, contruction, degree.
E.
audience,
condition
22. Sintak
pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran, yaitu
A. mengamati,
menanya, mengumpulkan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil.
B. mengamati,
menanya, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil.
C. mengamati,
menanyakan, mengumpulkan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil.
D. mengamati,
menanyai, mengumpulkan, mengasosiasikan, danmengkomunikasikan hasil.
E.
menanyakan, mengumpulkan, mengasosiasikan,
dan mengkomunikasikan hasil.
23. Kewajiban
guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya ...
A. merencanakan,
membuat, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
B. merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
C. merencanakan,
melaksanakan, meremidi, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
D. merencanakan,
melaksanakan, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran.
E.
merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi hasil pembelajaran.
24. Skala
pengukuran hasil belajar yang bersifat kategorial disebut ...
A. skala
nominal.
B. skala
ordinal.
C. skala
interval.
D. skala
rasio.
E.
skala linier.
25. Alat
ukur berbentuk tes harus memenuhi persyaratan ...
A. tingkat
kesukaran, daya beda, dan jumlah pengecoh.
B. Jumlah
soal yang sulit, daya beda, dan keberfungsian pengecoh.
C. tingkat
kesukaran, daya beda, dan keberfungsian pengecoh.
D. tingkat
kesukaran, daya beda, dan banyaknya soal pengecoh.
E.
Jumlah soal yang sulit, dan
keberfungsian pengecoh.
26. Kelebihan
tes berbentuk uraian adalah ...
A. mengembangkan
daya nalar peserta tes.
B. materi
terbatas sehingga validitas isi tinggi.
C. mengembangkan
dan menyusun soal sulit.
D. kemampuan
peserta tes menyusun kalimat mempengaruhi kualitas jawaban.
E.
mengembangkan dan memvalidasi soal
sulit.
27. Kelemahan
tes berbentuk objektif adalah ...
A. proses
koreksi dan penyekoran mudah.
B. informasi
hasil tes dapat lebih cepat.
C. memungkinkan
terjadi kecurangan.
D. mengembangkan
dan menyusun soal mudah.
E.
proses penyekoran mudah.
28. Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam kegiatan evaluasi, antara lain ...
A. peserta
didik, guru, dan soal.
B. tujuan,
instrumen, desain evaluasi.
C. motivasi
jawaban, cara menjawab, dan hasil jawaban.
D. alat,
pembaca, dan penganalisis.
E.
Instrument, pembaca, dan penganalisis,
29. Perbedaan
karakter peserta didik laki-laki dan perempuan adalah ...
A. laki-laki
sangat peduli dengan apa yang perempuan katakan.
B. perempuan
mencoba tidak peduli dengan apa yang laki-laki lihat.
C. laki-laki
tidak peduli dengan apa yang dilihat.
D. perempuan
akan tersenyum walaupu tidak bahagia.
E.
perempuan mencoba acuh dengan apa yang
laki-laki lihat.
30. Usia
yang dimiliki peserta didik akan berkonsekuensi terhadap pendekatan
pembelajaran. Menurut Piaget, peserta didik SMP dan SMA memasuki tahap...
A. A.operasional
formal.
B. operasional
konkrtit.
C. senseori
motor.
D. praoperasional.
E.
senseori verbal.
kunci jawaban
INDO | ||||
No. | KNC | No. | KNC | |
1 | A | 21 | B | |
2 | B | 22 | A | |
3 | C | 23 | D | |
4 | C | 24 | A | |
5 | A | 25 | C | |
6 | C | 26 | A | |
7 | E | 27 | C | |
8 | E | 28 | B | |
9 | A | 29 | D | |
10 | A | 30 | A | |
11 | A | |||
12 | C | |||
13 | B | |||
14 | D | |||
15 | B | |||
16 | A | |||
17 | C | |||
18 | D | |||
19 | C | |||
20 | B |
Post a Comment
Post a Comment