-->

SOAL SOSIAL KEPRIBADIAN UP/UTN PENDIDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PAKET A HAL 2

Post a Comment
26. Anda memiliki siswa pintar yang ingin sekali menguasai keterampilan yang menurut
Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat
melatihnya,namun anda tidak memiliki waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan pada
siswa adalah…
a. Bahwa siswa tidak perlu belajar keterampilan itu, dan tidak perlu berlatih kepada
saya
b. Bahwa siswa belum waktunya menguasai keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga
tidak bisa melatihnya
c. Bahwa siswa itu bisa belajar sendiri untuk menguasai keterampilan itu
d. Bahwa siswa tetap memiliki kesempatan menguasai keterampilan itu, dan
memintanya mencari yang diinginkan dari luar sekolah
e. Bahwa siswa itu memiliki kemampuan yang baik, punya kesempatan menguasai
keterampilan itu, dan mengatur waktu lagi untuk bisa berlatih dengan saya
27. Untuk mengerjakan tugas dengan baik, apalagi tugas bertumpuk-tumpuk, selalu
diperlukan banyak energi. Terkait dengan hal ini, pilihlah salah satu jawaban yang paling
mendekat diri Anda!
a. Tidak peduli pada banyaknya tugas apapun, yang penting saya baik-baik saja
b. Kehbisan tenaga, bahan sebelum semua tugas terselesaikan
c. Energy terkuras habis setelah mengarjakan seluruh tugas, sehingga kurang siap
mengerjakan tugas-tugas berikutnya.
d. Energy hamper terkuras habis, perlu beristirahat beberapa waktu sebelum
mengerjakan tugas berikutnya
e. Semua terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan, sehingga masih ada energy
untuk tugas berikutnya
28. Saat mendapat tugas sulit dan tidak menyukainya maka harus tetap diselesaikan hingga
tuntas. Bagaimana menutut pendapat Anda?
a. Tidak setuju karena akan menyebabkan stress
b. Tidak setuju karena hasilnya tidak akan maksimal
c. Tidak setuju karena lebih baik mengerjakan tugas lain dengan hasil lebih baik
d. Setuju karena sudah merupakan kewajiban untuk menyelesaikan tugas
e. Setuju karena sikap mudah menyerah akan mempengaruhi kinerja
29. Seorang siswa menunjukan perilaku bandel dan senag melakukan pelanggaran tata tertib
di sekolah. Hal ini ditenggarai karena siswa mendapat salah pengasuhan dan kurang
perhatian dan orang tua. Orang tua memanjakan dengan uang saku berlebihan dan
kebebasan dalam pergauan sehari-hari. Sebagai guru, apa yang anda lakukan?
a. Mempertemukan siswa dengan orang tuanya agar disadari kesalahan selama ini, dan
mempertimbangkan penyelesaiannya
b. Memanggil orang tua siswa ke sekolah dan mendiskusikan prihal kenakalan anaknya
c. Memerankan diri sebagai teman terdekat siswa agar lebih mudah membentu
memecahkan masalah siswa
d. Memberikan pengertian kepada wali murid untuk lebih perhatian dan tidak
memamnjakan anak
e. Perilaku siswa sebagai bagian perkembangannya, yang diyakini akan dapat
diselesaikan keluarga siswa yang bersangkutan
30. Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan yang dijawab oleh siswa. Salah satu
siswa sudah menjawab atau berbeda dengan siswa lainnya. Seandainya Anda sebagai
guru apa yang And lakukan?
a. Meminta siswa untuk menjawab dan berdiskusi tentang jawaban yang tepat
b. Meminta pendapat siswa lain mengenai jawaban yang tepat
c. Menyuruh siswa tersebut untuk mempelajari lagi materi yang telah disampaikan
d. Menyatakan jawaban siswa tersebut belum benar atau kurang tepat
e. Guru menjelaskan jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut
31. Seorang ibu dari wali murid mendatangi guru, serta meminta agar nilai anaknya yang
belum memenuhi ketuntasan minimal menjadi masuk kategori tuntas. Pernyataan yang
paling patut digunakan guru untuk menanggapi hal tersebut …
A. “Sebagai wali kelas saya senang dan bangga atas kepedulian ibu pada prestasi
ananda, ini awal yang baik untuk membicarakan bagaimana cara tepat meningkatkan
cara belajar putra ibu, sehingga prestasinya dapat meningkat”
B. “Baiklah, saya ada cara yang lebih prosedural dan baik, untuk meningkatkan prestasi
ananda, dengan tidak mengontrol nilai begitu saja”
C. Kalau boleh saya menasehati ibu, sebaiknya kita tidak melakukan cara manipulasi
nilai dengan menambah point nilai ananda, walaupun bisa saja saya menambah nilai
itu”
D. “saya kira ini cara yang tidak bagus, ini sangat berbahaya dan tidak mendidik, kalau
permintaan ibu saya penuhi bagaimana jika yang lain menginginkan hal yang sama?
E. “Baiklah, demi kebaikan ananda dan rasa hormat saya sama ibu, saya akan usahakan
meningkatkan point nilai ananda hingga melebihi batas ketuntasan minimal”
32. Menurut anda sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang
dianutnya adalah...
a. Rajin ibadah disertai dengan sikap perilaku yang mencerminkan sikap toleransi yang
tinggi dengan apapun dan siapapun
b. Rajin ibadah dan tidak mentolelir waktu yang menggaggu ritual keagamaannya dari
menolong orang tanpa pamrih
c. Rajin ibadah disertai dengan sikap perilaku yang tanpa pamrih dengan tatap
menunjukkan identitas kagamaan yang berbeda
d. Rajin ibadah disertai dengan sikap perilaku yang toleransi, namun tetap menunjukkan
prinsip tegas yang perlu diketahui orang lain
e. Rajin beribadah disertai dengan sikap dan perilaku yang proaktif menolong kepada
siapapun, serta menunjukkan perilaku-perilaku keteladanan
33. Setiap hari Senin diadakan upacara bendera merah putih agar generasi muda bangsa tidak
melupakan jasa pahalawannya yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan
bangsa dan negera. Namun kenyataannya masih ada siswa dan guru yang datang
terlambat. Solusi apa yang cocok untuk permasalahan tersebut...
a. Menyusun aturan yang mempertimbangkan sangsi yang menempatakan unsur
pendidikan dan penghormatan atas pelakunya
b. Antara guru dan siswa sebenarnya salah jika terlambat datang saat upacara, maka
sebaiknya ada sangsi pada keduanya
c. Menguhukum siswa yang terlambat dan memberikan pembinaan pada guru agar tidak
mengulangi perbuatannya
d. Diberikan sangsi yang sama kepada guru dan siswa yang datang terlambat agar tidak
tersa membeda-bedakan
e. Meminta pulang kepada guru dan siswa yang datang terlambat dengan mengunci
pagar sekolah
34. Anda memiliki bebdan belajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi
salah satu pengurus inti koperasi sekolah untuk mensejahterahkan warga sekolah. Apa
yang anda lakukan?
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga
tidak menggaggu tugas mengajar
b. Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai
pengurus koperasi sekolah
c. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksankan tugas-tugas
pengurus koperasi sekolah
d. Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas
mengajar
e. Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar
kurang terlaksana
35. Salah satu karakteristik guru prefesioanal yang telah memiliki kualifikasi S1/D4. Jika
anda belum memiliki kualifikasi tersebut, apa yang perlu dilakukan?
a. Melanjutkan pendidikan kejenjang sarjana atau sederajat
b. Mengikuti berbagai kegiatan ilmiah bgi peningkatan prefesionalitas
c. Seeaktu-waktu berpartisipasi dalam berbagai peningkatan diri
d. Meningkatkan diri setelah diwajibkannya persyaratan guru prefesional
e. Mengajar secara rutin sambil menunggu pensiun agar tidak ketinggalan
36. Suatu ketika hasil yang sudah anada kerjakan dengan susah payah dikrtik tajam oleh
kepala sekolah. Menghadapi kritikan tersebut, pernyataan yang paling mendekati reaksi
anada...
a. Tidak membalas kritik tersebut dan juga tidak melakukan perbaikan karena tidak ada
gunanya
b. Tetap mempertahankkan hasil pkerjaan saya dan berargumentasi dengan kepala
sekolah
c. Menerima kritik apa adanya dan mencari sumber referensi baru yang mendukung
d. Menahan diri, mencermati kritik tersebut untuk melakukan perbaikan
e. Meminta penjelasan dan dukungan kepala sekolah dan mencari strategi baru untuk
perbaikan
37. Seorang ibu dari wali murid mendatangi guru, serta meminta agar nilai anaknya yang
belum memenuhi ketuntasan minimal menjadi masuk dalam kategori tuntas. Pernyataan
yng patut digunakan guruuntuk menghadapi hal tersebut...
a. “ Sebagai wali kelas saya senang dan bangga atas kepedulian ibu pada prestasi
ananda, ini awal yang baik untuk membicarakan bagaimana cara yang tepat
meningkatkkan cara belajar putra ibu, sehingga prestasinya dapat meningkat”
b. “ Baiklah, saya kira ada cara yang prosedural dan baik, untuk meningkatkan prestasi
ananda, dengan tidak mengatril nilai begitu saja”
c. “ Kalau boleh saya nasehati ibu, sebaiknya kita tidak melakukan cara manipulasi nilai
dengan menambah poin nilai ananda, walaupun bisa saja saya menambah nilai itu”
d. “ Saya kira ini cara yang tidak bagus, ini sangat berbahaya dan tidak mendidik, kalu
permintaan ibu saya penuhi bagaimana hika yang lain menginginkan yang sama?”
e. Baiklah demi kebaikan ananda dan rasa hormat saya kepada ibu, saya akan
mengusahakan meningkatkan poin nilai ananda hingga melebihi batas ketuntasan
38. Ada beberapa gejala siswa anda yang cenderung LGBT (lesbian, gay, biseksual dan
transender). Sebagai guru apa yang akan anda lakukan ?
a. Membiarkan saja sebagai perwujudan menghargai hak asasi manusia
b. Mengajak bicara siiswa tersebut agar tidak terjerumus dalam LGBT
c. Mengajar bicara orang tua agar siswa tersebut kembali normal
d. Mengundang psikologi agar menasehati siswa tersebut
e. Mengancam siswa tersebut agar tidak mempengaruhi temannya
39. Seorang peserta didik mengeluhkan keadaan orang tuanya yang akan segera bercerai.
Mendengar keluhan tersebut. Apa yang anda lakukan ?
a. Mendengarkan dengan penuh pengertian dan ibut merasakan perasaan peserta didik,
menjaga rahasia, serta berusaha untuk membantu dia
b. Memperhatikan keluhan peserta didik dan melarang menceritakan hal tersebut kepada
orang lain, sambil berusaha membantu dia
c. Memperhatikan keluhan peserta didik dan menganggap sebagai suatu hal yang biasa
terjadi dalam kehidupan rumah tangga
d. Memahami keluhan perserta didik dan membiarkan peristiwa tersebut berjalan seperti
apa adanya
e. Melakukan penilaian terhadap keluhan peserta didik dan menceritakan keluhan
tersebut kepada orang lain.
40. Seorang guru menegur salh satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia
tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan malah bermian handphone. Pernyataan yang
patut digunakan guru untuk siswa tersebut adalah...
a. “ Sini berikan kepada saya handphonenya, kamu waktunya pelajaran malah main
handphone sendiri”
b. “ Kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu? Ayo matikan dan segera fokus
pada penjelasan pelajaran ini”
c. “Tolong simpan dulu handpgonenya saat ini sedang pelajaran kamu dapat
menggunakannya nanti pada jam istirahat atau setelah pulang sekolah”
d. Berikan handphonenya ke saya, kamu tidak me nghargai guru, jika tidak ingin
mengikuti pelajaran, silahkan keluar dari kelas”
e. “ Tanpa pernyataan, seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan
pelajaran “
41. Tetangga anada memiliki anak yang menyandang penyakit, genetik (kakinya cacat
sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu mulai tidak
percaya diri karena tidak kuat dibully temannya. Tangisnya anak tersebut tidak naik kelas,
sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun anda bukan guru dari anak
tersebut. Apa yang anda lakukan ?
a. Menasehati orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi
b. Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homeschooling
c. Menyarankan melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri mau
sekolah lagi untuk mas depannya
d. Mendatangi sekolah tersebut agar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi
e. Menyarankan kepala sekolah anak tersebut agar menghentikan budaya bully
42. Dalam diskusi kelompok, saya biasanya dikenal segabai individu...
a. Sulit menerima pendapat orang lain
b. Mengikuti semua pendapat orang lainagar tidak terjadi konflik
c. Membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya sebelum menerima pendapat
orang lain
d. Dapat menerima pendapat orang lain asalkan tidak terlalu bertentangan dengan
pendapat saya
e. Mampu memahami perbedaan dalam berpendapat
43. Seorang anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika
memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua berkukuh agar anaknya memilih
peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya
menjadi dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu
jika studi lanjut di kedokterannya dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi,
matematika, serta fisika-kima. Sebagai wali kelas ap yang akan anda lakukan?
a. Menasehati anak untuk patuh pada orang tuayang telah memilihkan masa depan yang
baik karena tidak ada orang tua yang berminatmenjerumuskan anaknya
b. Memberikan saran kepada orang tua dan si anak untuk memilih bidang peminatan
yang sesuai
c. Menyarankan kepada si anak untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya
tidak berminar dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran
d. Meelakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan
diskusi dengan agar orang tua memahami potensi anaknya
e. Bersama guru BK, anda sebagai guru kelas akan menfasilitasi pertemuan antara orang
tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan mengguankan
data-data sebagai dasar keputusan obyektif.
44. Berdasarkan introspeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan
saya adalah...
a. Orang yang sulit untuk mengapresiasi perbedaan cara dalam menyelesaikan soal
karena membuat bingung yang lain
b. Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal-hal yang hanya
dapat dipahaminya saja
c. Orang yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak senangterhadap
siswa ketikaada perbedaan dalam menilai sesuatu
d. Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki keberanian untuk
berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleransi
e. Orang yang terbuka dengan masukkan atas prinsip dan keyakinan diri, serta siap
mengupayakan kompromi dengan orang lain
45. Di sekolah tempat anada mengajar mayoritas siswa beragama Islam, namun ada juga
yang beragama non-Islam. Ketika masuk bulan Ramadhan. Anda mendapati siswa nonmuslim
yang sedang makan di depan kelas ketika teman-teman yang lain sedang
menjalankan ibadah puasa. Sebagai seorang guru apa yang anda lakukan untuk menyikapi
hal tersebut?
a. Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan Ramadahan demi
menghormati yang berpuasa
b. Keduanya memiliki hak masing-masing, boleh berbuat sesuai dengan keyakinannya
c. Menasehati siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu hak
mereka
d. Meminta siswa tersbut untuk makan ditempat yang sepi agar tidak keliahatan temanteamannya
yang berpuasa
e. Tidak peduli dengan tindakkan yang dilakukan siswa tersebut
46. Sebagai sorang guru, sering kali sering kali merasakan waktu yang terbatas, padahal
banyak hal yang harus diselesaikan. Terkait dengan hal ini gambaran yang paling
mendekati diri anada sebenarnya sebagai berikut...
a. Saya tidak peduli dengan batasan waktu karena apapun saya kerjakan ketika saya
menginginkannya
b. Banyak waktu yang tidak saya gunakan dengan baik, dan banyak hak yang tidak bisa
saya capai dalam hidup ini
c. Sebagian besar waktu sudah saya gunakan dengan baik, namun ada beberapa hal yang
belum sempat saya lakukan
d. Saya dapat menggunakan seluruh waktu dengan baik, namun ada beberapa hal masih
belum bisa dilakukan dengan lebih baik
e. Seluruh waktu saya gunakan dengan baik, saya berusaha untuk mengembangkan diri
secara optimal
47. Sekolah anda memberlakukan dengan ketat peraturan dilakarng merokok. Telah tersedia
smoke area yang letaknya tersembunyi. Meskipun begitu masih ada teman guru yang
merokok di sembarang tempat. Hal yang anda lakukan ?
a. Memotret kejadian dan mengunggah foto tersebut di grup WA agar guru tersebut
menyadari kesalahannya
b. Menegur dengan tegas agar guru tersebut menyadari kesalahannya tidak merokok di
sembarang tempat
c. Membahas pada rapat dewan guru tentang kasus itu agar guru tersebut menyadari
kesalahannya
d. Menyarankan guru tersebut untuk merokok pada smoke area yang sudah disediakan
sekolah agar tidak ditiru siswanya
e. Melaporkan secara rinci dan tertulis kepada kepala sekolah atau kepala dinas agar
guru tersebut diberi sanksi
48. Anada sedang makan di kantin sekolah dengan teman sesama guru dan beberapa siswa.
Anda selalu mengajarkan pada siswa untuk menghormati makanan dengan cara
menghabiskanya sesua dengan ajaran agama. Kebetulanrsa masakan yang disajikan sama
sekali membuat anda tidak berselera. Apa yang anda lakukan ?
a. Berbohong kepada siswa bahwa anda mengalami sakit perut
b. Menjelaskan kepada siswa bahwa orang tua boleh saja tidak menghabiskan makanan
c. Menyalahkan pihak kantin yang menyajikan makan yang tidak enak
d. Tidak perlu menghabiskan makanan dan menjelaskan pada siswa pada situasi tertentu
boleh saja habis
e. Memaksakan diri untuk menghabiskan makanan itu, bagaimana pun rasanya

Related Posts

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter