-->

11 Tips dan Rahasia Terbaru Menaklukkan Tes Listening IELTS

2 comments


Beria-English.blogspot.co.id- Berbeda dengan sesi IELTS lainnya, banyak orang langsung merasa gugup jika harus berhadapan dengan sesi listening. Hal ini disebabkan karena audio atau rekaman percakapan hanya diputar sekali. Jadi, Anda hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mendengarkan dan menjawab. Oleh karena itu, pertanyaan harus segera dijawab bersamaan ketika Anda mendengarkan isi rekaman. Tidak akan ada kesempatan kedua untuk mendengar ulang. Konsentrasi berperan penting pada bagian ini. Apabila Anda ketinggalan satu atau dua pertanyaan, fokuslah pada pertanyaan berikutnya. Abaikan beberapa pertanyaan yang tertinggal. Jika tidak, Anda akan mengorbankan semua sisa pertanyaan yang belum dijawab. Inilah alasan mengapa banyak orang menganggap bagian Listening sebagai bagian paling sulit dari IELTS.

Berikut ini kami akan Memberikan 11 Tips danRahasia Terbaru Menaklukkan Tes Listening IELTS. Silahkan disimak baik-baik.



1.      Persiapan Awal

Tes Listening terbagi menjadi empat bagian (section) dengan sepuluh soal pada tiap bagiannya. Tes ini dikerjakan dalam waktu  tiga puluh menit. Sesi pertama pada bagian Listening adalah yang paling mudah. Setiap bagian berikutnya akan semakin sulit. Jika kemampuan bahasa Inggris Anda berada pada level intermediate, harusnya Anda tidak akan menemukan masalah berarti untuk menyelesaikan bagian ini. Para peserta yang ingin melanjutkan sekolah di negara berbahasa Inggris harus mampu meraih nilai sempurna pada bagian pertama. Meskipun demikian, sangat mudah untuk melakukan kesalahan karena gugup dan kurang persiapan.

2.      Datanglah Lebih Awal

Bagian Listening adalah sesi pembuka IELTS. Keterlambatan membawa risiko yang sangat besar. Meskipun hanya terlambat lima menit, psikologis peserta yang datang terlambat akan sangat terganggu. Napas yang terengah-engah dan keringat yang bercucuran akan membuat Anda semakin tidak nyaman. Datang terlambat juga memunculkan sikap inferior terhadap peserta lain yang telah lebih dahulu berada di dalam ruang tes. Hal ini dapat membuat Anda kehilangan informasi dan instruksi penting yang diberikan di awal. Jadi, jangan pernah datang tepat waktu! Datanglah lebih awal sehingga Anda memiliki waktu beradaptasi dengan lingkungan sekitar tes. Jika memungkinkan, bercakap- cakaplah dengan beberapa peserta lain. Anda akan merasa lebih rileks karena tidak terlalu asing dengan orang-orang di sekitar.

3.      Sigap dan knsentrasi Penuh

Anda harus cukup tidur sebelum tes. IELTS sangat erat kaitannya dengan konsentrasi. Kehilangan konsentrasi adalah bencana paling serius khususnya untuk bagian Listening dan Reading. Anda harus sarapan yang cukup dan bergizi karena tes ini akan menguras energi. 

Bagian Listening untuk Modul Academic dan Modul General Training adalah sama. Baik Modul Academic maupun General Training, rekaman hanya diperdengarkan satu kali. Audio tidak akan diputar ulang untuk kedua kalinya. Anda HARUS siap, sigap, dan berkonsentrasi penuh untuk mendengarkan rekaman. Saat Anda mendengar kata “Section 1”, “Section 2” Anda harus bersiap untuk mendengarkan instruksi yang akan diberikan. Setelah itu, berkonsentrasilah mendengarkan informasi penting untuk menjawab pertanyaan “5 WH” (who? what? where? when? why?). Adapun pertanyaan “How?”, sementara abaikan terlebih dulu. Bersiaplah dan jangan terlena, terkadang jawaban untuk soal pertama berada tepat di awal percakapan. Dengarkan contoh yang telah diberikan. Kemudian, rekaman akan dihentikan setelah contoh diperdengarkan. Setelahnya, audio akan diputar kembali dari awal sebagai penanda IELTS telah resmi dimulai.


4.      Perhatikan Keywords dan Sinonimnya

Keywords adalah sinyal untuk menjawab. Jika kata kuncinya adalah “very big”, maka saat Anda mendengar kata tersebut, bersiaplah untuk menjawab. Hal ini tidak akan sulit jika keywords soal tersebut sama persis seperti yang ada dalam rekaman. Akan tetapi, seringkali keywords dalam soal berbeda dengan yang terdapat dalam audio. Seperti kata ‘huge’ yang memiliki persamaan makna dengan “very big”. Dalam banyak soal, bisa jadi sinonim tersebut yang justru diperdengarkan dalam rekaman. Hal ini dilakukan untuk menguji perbendaharaan kata peserta.


5.      Stabilo


Sangat disarankan Anda membawa stabilo untuk menandai keywords setiap pertanyaan. Tidak ada yang melarang Anda untuk melakukan hal ini. Lembar jawaban dapat Anda coret-coret sesuka hati. Dengan bantuan stabilo, pencarian visual Anda akan banyak terbantu. Carilah satu kata yang menurut Anda penting dari setiap pertanyaan, kemudian tandai keywords tersebut dengan stabilo. Lakukan hal ini untuk setiap pertanyaan. Mengapa untuk setiap pertanyaan? Karena dengan mengetahui kata kunci dari setiap pertanyaan, Anda akan mengetahui kapan waktu pindah ke pertanyaan selanjutnya. Cara ini dapat juga Anda gunakan dalam
tes Reading.

6.      Mencatat Seperti Wartawan


Salah satu cara meningkatkan kecepatan menulis adalah dengan melatih format tulisan Anda seperti seorang wartawan yang sedang mencatat berita. Wartawan biasanya banyak melakukan singkatan untuk mengefisienkan waktu. Tidak ada salahnya Anda menggunakan cara ini pada lembar soal, asalkan Anda menuliskannya dengan lengkap pada lembar jawaban. Akan tetapi, cara ini tidak disarankan untuk angka. Tetap tuliskan angka satu dengan “1”, seribu dengan “1000”, dan seterusnya.


Ada tiga teknik yang dapat Anda gunakan dalam menyingkat
sebuah kata.

1. Menghilangkan semua konsonan dan hanya menuliskan huruf
vokal saja. Contoh: School Schl, Library Lbry, Country
Cntry.
2. Menuliskan 2 atau 3 huruf pertama. Contoh: School Sch,
Library Lib, Country Cou.
3. Menulis satu huruf untuk kata yang sering keluar (familiar/
umum). Contoh: You y, They t.


7.      Prediksi, prediksi dan prediksi

Pada bagian listening, ada banyak bentuk pertanyaan yang sering
muncul. Di antaranya adalah seperti berikut ini:

matching sentence completion
true/false diagram labelling
gapfill short-answer question
multiple choice chart/table completion


Rahasia untuk menyelesaikan berbagai tipe soal Listening di atas adalah dengan memprediksi apa yang akan Anda dengar. Anda akan diberikan waktu yang sangat singkat sebelum sesi Listening dimulai. Manfaatkan momen tersebut untuk memprediksi apa yang akan Anda dengar.

Jadi, apa saja yang harus Anda prediksi? Berikut rangkuman petunjuk yang dapat membantu Anda.


Berlatihlah dengan menggunakan buku IELTS yang dilengkapi dengan CD. Berusahalah untuk memprediksi apa yang akan terjadi dan apa yang akan Anda dengarkan. Anda juga bisa melakukannya dengan film atau siaran radio sebagai media. Tulis jawaban Anda
dan periksalah berapa banyak jawaban Anda yang benar.

8.      Perhatikan Intonasi Pembicara

Penting untuk diperhatikan bahwa ketika Anda sedang menyelesaikan sebuah soal, Anda harus siap beralih ke soal berikutnya. Hal tersebut harus Anda lakukan meskipun masih menulis jawaban dari soal sebelumnya. Hal tersebut karena tidak ada informasi apapun yang akan memberitahu Anda bahwa pertanyaan selanjutnya sebenarnya telah dimulai. Tentu hal itu akan sangat merugikan karena artinya Anda telah melewatkan beberapa poin dari pertanyaan yang telah Anda lewatkan.

Oleh karena itu, Anda harus menyadari hal ini dengan memer- hatikan perubahan pada nada atau intonasi serta keywords baru. Kata-kata seperti first, next, afterwards, then, juga dapat memberikan sinyal bahwa pembicara telah beralih ke pertanyaan yang baru.


9.      Tunggu dan Lihat

Pembicara (speaker) seringkali mengubah pikirannya. Anda harus selalu siap untuk mengganti jawaban jika pembicara mengoreksi pernyataannya di akhir. Meskipun demikian, jangan pernah berpikir untuk menunggu jawaban sampai menit-menit terakhir. Karena jika tidak terjadi perubahan apapun, Anda mungkin akan lupa dengan jawaban sebelumnya. Tulis dahulu apa yang Anda dengar sambil sabar untuk siap mengubah jawaban jika terdapat koreksi dari pembicara. Hal ini dilakukan untuk menguji pemahaman peserta secara menyeluruh terhadap sebuah percakapan. Selain itu, hal ini mengisyaratkan bahwa Anda tidak boleh berhenti dan santai ketika telah mampu menjawab seluruh pertanyaan. Dengarkan semuanya sampai benar-benar selesai.


10.  Finishing

Pastikan tulisan Anda mudah dibaca dan benar secara tata bahasa dengan memperhatikan bentuk plural, verb, dan sebagainya. Pindahkan jawaban dengan hati-hati. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong, tebak sebisa Anda sebab tidak ada penalti atau
pengurangan nilai untuk jawaban yang salah.

Atur waktu Anda dengan baik. Pada akhir bagian Listening, Anda akan diberikan waktu sepuluh menit untuk memindahkan jawaban Anda ke lembar jawaban. Lakukanlah dengan hati-hati. Gunakan juga kesempatan ini untuk memeriksa ejaan (penulisan kata, huruf besar atau kecil, dan tanda baca), tata bahasa, dan menebak jawaban yang belum terjawab.


11.  Menebak jawaban

Tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah! Jadi, akan sangat rugi jika Anda meninggalkan lembar jawaban kosong. Untuk model soal pilihan ganda (multiple choice) dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, dan d), peluang Anda untuk mendapatkan jawaban benar adalah 25%. Pastikan Anda memeriksa semua pilihan, apakah ada pilihan “all of the above are correct/incorrect” atau sebaliknya “none of the above”. Jika ya, pastikan Anda memilih
jawaban dengan benar.

Sementara itu, untuk soal True/False, kemungkinan jawaban Anda  benar lebih besar, yaitu 50:50. Jika Anda memang tidak memiliki waktu lagi, menebak adalah pilihan terakhir. Seringkali pilihan yang benar adalah jawaban dengan kalimat yang paling panjang.

Demikian pembahasan tentang 11Tips dan Rahasia Terbaru Menaklukkan Tes Listening IELTS . mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa berkomentar.







Related Posts

2 comments

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter