-->

11 Tips dan Rahasia Menguasai Tes Reading IELTS

2 comments
1       



                           Berikut ini adalah  11 Tips dan Rahasia Menguasai Tes Reading IELTS:

1.        1. Pahami Intruksi dan Baca Semua Pertanyaan

Baca instruksi dan semua pertanyaan terlebih dahulu. Anda harus melakukan hal ini sebelum mulai membaca keseluruhan teks. Dengan demikian, Anda akan mengetahui informasi penting apa yang Anda harus cari dalam teks. Hal ini dilakukan untuk menghindari terbuangnya waktu karena membaca informasi yang tidak relevan. Semua pertanyaan memiliki nilai yang sama. Sebuah pertanyaan yang sulit memiliki bobot nilai yang sama dengan pertanyaan yang mudah. Jangan membuang waktu terlalu lama untuk pertanyaan yang Anda anggap sulit. Jawablah pertanyaan dari yang lebih mudah.


2.          2.       Gunakan Tekni Scanning

Scanning adalah senjata utama dalam menyelesaikan soal- soal pada bagian Reading . Anda harus melakukan cara ini untuk memahami ide utama atau informasi spesifik yang tertera dalam bacaan. Mulailah melakukan scanning dari pojok kiri atas sebuah teks, gerakkan mata Anda ke kanan, kemudian turun ke kiri bawah seperti gerakan gelombang, kemudian lanjutkan sampai pojok kanan bawah. Anda dapat menggunakan jari atau pensil untuk membantu Anda berkonsentrasi dalam melakukan cara ini. Lakukan dengan sangat cepat.

3.      3.       Temukan Keyword dan Sinonim

Setelah Anda membaca seluruh pertanyaan, carilah keywords dari setiap pertanyaan dalam teks. Lakukan scanning terhadap kata kunci tersebut dalam paragraf. Jawaban yang Anda cari kemungkinan besar ada di sekitar keywords tersebut.

Selagi Anda membaca pertanyaan, tandai keywords. Lalu pikirkan kata yang berbeda, tetapi memiliki arti yang sama dengan keywords tersebut. Pada IELTS bagian Reading , bentuk pertanyaan biasanya merupakan sebuah Mengutip dari kalimat yang ada di dalam teks. Jadi, bersiaplah untuk menghadapi pertanyaan dengan keywords yang berbeda, tetapi dengan arti yang sama.


artikel Linnya: 11 Tips dan Rahasia Menguasai Tes Reading IELTS
                

4.       4.        Menebak Arti Kata yang Sulit

Apabila ada kata yang tidak Anda mengerti, anggap saja itu sebagai 'x'. Anda juga bisa menebak artinya dari konteks kalimat sebelum dan sesudahnya. Setidaknya Anda bisa merasakan apakah kata 'x' tersebut memiliki arti positif atau negatif. Hal ini cukup untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang teks yang sedang Anda baca. Perlu diketahui, teks IELTS bersifat teknis, sering kali ada beberapa kata yang penutur asli bahasa Inggris pun mungkin tidak mengetahui artinya


5.        5.        Jangan Membaca Kata Perkata

Selain menghabiskan banyak waktu, memahami teks dengan cara membaca kata demi kata akan membuat Anda bingung dan tidak fokus. Bila hal itu terjadi, Anda tidak dapat sepenuhnya memahami apa yang sebenarnya sedang Anda baca. Mengerti setiap kata per kata juga tidak menjamin Anda mampu menjawab semua
pertanyaan dengan benar.

Jangan lupa membaca paragraf pertama dan terakhir. Dengan membaca paragraf ini, Anda dapat memahami topik utama dan kesimpulan dari teks tersebut dengan cepat.

6.        6.      Baca Kalimat Pertama Tiap Paragraf

Ide utama biasanya ada pada kalimat pertama atau kedua setiap paragraf. Ide utama ini adalah pokok pikiran penting dalam sebuah tulisan. Terkadang, ide utama juga ada di akhir paragraf. Memahami ide utama akan memudahkan Anda mengerti teks secara keseluruhan. Kalimat berikutnya setelah ide utama disebut kalimat penjelas. Jadi, dalam satu paragraf, ide utama hanya ada satu, selebihnya adalah kalimat-kalimat penjelas untuk mendukung ide utama tersebut. Oleh karena itu, dengan membaca kalimat pertama atau kedua setiap paragraf, Anda dapat mengikuti alur pikiran penulis dengan jelas tanpa dikacaukan dengan informasi-informasi tambahan yang ada di bagian tengah teks.


7.        7 .       Perubahan Susunan Kalimat

Satu hal penting yang juga harus Anda perhatikan pada tes IELTS adalah perubahan susunan urutan kalimat dalam pertanyaan.
Contoh berikut ini dapat mengilustrasikannya dengan jelas.

At least twenty villages were destroyed by the floods . TFN


Pada contoh tersebut, kata destroyed diikuti oleh the floods , susunan kalimatnya adalah berbentuk pasif dengan tipe pertanyaan True / False / Not Given . Di dalam teks, bisa saja bentuk pasif tersebut diberikan dalam susunan kalimat aktif dengan kata the floods mendahului destroy .

8.        8.       Bentuk yang Tepat

Tugas berikutnya adalah menuliskan jawaban dalam bentuk yang diminta. Kata yang Anda temukan di dalam paragraf bisa saja memang jawaban yang benar, tetapi dalam bentuk yang lain. Anda mungkin membutuhkan sebuah jawaban dalam bentuk kata benda, sedangkan kata yang diberikan dalam teks adalah kata kerja. Untuk menyiasatinya, Anda harus mengubah kata tersebut menjadi bentuk gerund dengan menambahkan akhiran - ing pada kata kerja yang dimaksud sehingga bentuknya berubah menjadi kata benda / noun .

Selain itu, untuk menjawab dalam bentuk yang tepat, jangan pernah sekalipun mengabaikan instruksi yang diberikan. Perhatikan contoh di bawah ini.


WRITE NO MORE THAN ONE WORD
Teks -> The window was broken by accident.
Pertanyaan -> The window was broken ....

Pada contoh di atas, Anda diminta menuliskan jawaban hanya dengan satu kata. Jika Anda mengisikan ' by accident ', meskipun sesuai dengan yang tertera di teks, jawaban Anda akan dianggap salah karena menuliskan lebih dari satu kata. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah ' by accident ' menjadi ' accidentally '.


9.         9       Matcing Heading

Hal yang perlu diperhatikan dari tipe soal Matching Heading adalah efek domino jika Anda melakukan kesalahan. Satu saja kesalahan yang Anda lakukan dalam memilih jawaban, akan berakibat kesalahan pada nomor lainnya. Jangan terburu-buru memilih jawaban. Cobalah melihat semua pilihan terlebih dahulu. Perhatikan pilihan lain yang mungkin terlihat benar. Jika tidak, Anda akan terjebak dengan menganggap benar pilihan yang pertama kali Anda baca. Kerjakan secara teratur dari paragraf pertama sampai terakhir, jangan menjawab secara acak. Baca setiap paragraf, kemudian lihat pilihan jawaban yang tersedia. Jangan melakukan sebaliknya. Pahami instruksinya dengan baik karena adakalanya sebuah jawaban bisa digunakan dua kali.


            10. Perhatikan Tanda Baca (Ejaan)

Perhatikan selalu tanda baca (ejaan): tanda seru, titik dua, koma, kata yang ditebalkan, kata yang dimiringkan. Selain itu, penting jug mengamati gambar, ilustrasi, dan contoh yang diberikan dalam teks. Pahami judul dan perhatikan jika ada footnoote . Semuanya diberikan untuk memberikan informasi penting atau mencantumkan bacaan yang ada dalam teks. Hal ini akan sangat membantu
Anda untuk menemukan jawaban.

1          11  Menebak Lokasi Jawaban

Pertanyaan dalam IELTS biasanya diberikan dalam urutan yang sesuai dengan urutan munculnya informasi yang ada dalam teks. Jadi, perhatikan contoh yang diberikan, kemudian lihatlah pertanyaan terakhir yang berhubungan dengan teks tersebut. Contoh dan soal terakhir tersebut adalah batas atas dan batas bawah. Kemungkinan besar, jawaban berada di antara keduanya. Di sanalah lokasi jawaban berada. Jangan mencari informasi di luar batas tersebut.


demikianlah postingan kami tentang 11 Tips dan Rahasia Menguasai Tes Reading IELTS. semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkomentar ...

LIHAT JUGA:

download gratis soal Reading Practice test 1 IELTS Academic lengkap kunci jawaban pdf
12 Tips  dan Rahasia mendapatkan Nilai Tertinggi Teswriting IELTS


Source: tips dan trik

Related Posts

2 comments

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter