-->

Kisi Kisi dan contoh Soal Tes Observasi Situational Judgement (STJ) PPPK 2023

Post a Comment

 Kisi Kisi dan contoh Soal Tes Observasi Situational Judgement (STJ) PPPK 2023



1. Kualifikasi akademik

Penilaian kesesuaian kualifikasi akademik dilakukan untuk melihat kesesuaian kualifikasi akademik Sl atau D4 peserta dengan bidang tugas atau mata pelajaran pada jabatan yang dilamar.

2. Kompetensi

Penilaian kesesuaian kompetensi dimaksudkan untuk melihat kesesuaian kompetensi teknis (kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian), kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki pelamar prioritas dengan pelaksanaan tugas sebagai guru.

3. Kinerja

Penilaian kesesuaian kinerja dilakukan untuk mengetahui kesesuaian hasil kerja yang telah dilakukan pelamar, meliputi orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja, dan kerja sama dengan pelaksanaan tugas sebagai guru.

4. Pemeriksaan latar belakang

Pemeriksaan latar belakang dilaksanakan untuk memastikan tidak adanya keterlibatan dalam kegiatan perundungan, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA), serta intoleransi.

Ada 27 soal yang diajukan tim penilai saat tes penilaian kesesuaian.

Pertama : Kebiasaan refleksi guru honor pelamar P2 dan P3.

Adapun jumlah soal tentang kebiasaan refleksi yang akan ditanyakan tim penilai kepada guru honor pelamar P2 dan P3 saat tes penilaian kesesuaian kinerja dan kompetensi PPPK 2023 sebanyak 3 soal.

Disini guru honor pelamar P2 dan P3 akan ditanyakan tentang penerapan kebiasaan refleksi terhadap proses pembelajaran dan pendidikan di kelas.

Kedua : pembelajaran

Untuk jumlah soal tentang pembelajaran guru honor pelamar P2 dan P3 sebanyak 3 soal, dimana pertanyaan tentang seputar proses pembelajaran membuat siswa aktif belajar, serta tolak ukur penentuan keberhasilan belajar mengajar secara umum.

Ketiga : kenyamanan dan keamanan belajar

Jumlah soal sebanyak 3 butir, guru honor akan menjawab pertanyaan bagaimana menciptakan kenyaman dan keamanan belajar siswa didik selama di dalam kelas maupun lingkungan sekolah.

Keempat : efektivitas pembelajaran dan asesmen.

Jumlah soal sebanyak 3 butir soal, disini guru honor pelamar P2 dan P3 harus paham tentang mengapa pentingnya melakukan asesmen kinerja dan afektif dalam proses pembelajaran.

Kelima : struktur pengetahuan jumlah soal sebanyak 3 butir soal.

Pertanyaan yang diberikan di instrument ini saat tes penilaian kesesuaian kinerja dan kompetensi PPPK 2023 tentang susunan langkah dalam ilmu pengetahuan.

Keenam : pengembangan diri jumlah soal sebanyak 3 butir soal

Disini guru honorer akan dihadapi pertanyaan tentang seberapa penting mengenal dan menetapkan indikator untuk menilai pengembangan diri guru dan siswa tersebut.

Ketujuh : aktif komunikasi jumlah soal sebanyak 3 butir soal

Di soal ini guru honorer harus paham tentang indikator komunikasi serta keterampilan apa saja yang harus dimiliki guru honorer dalam berkomunikasi.

Kedelapan : Bekerja sama jumlah soal sebanyak 3 butir soal.

Di soal ini pertanyaan yang diberikan tim penilai seputar bagaimana peningkatan keterampilan kerjasama antar siswa, siswa dan guru, siswa dan wali murid.

Kesembilan: Perekat kebangsaan jumlah soal sebanyak 3 butir soal.

Guru honor pelamar P2 dan P3 akan dihadapi dengan pertanyaan perekat kebangsaan berbasis sosiokultural.

1. Saat saya mengerjakan tugas, saya membutuhkan ...

A. Suasana yang tenang akan sangat mendukung kinerja saya
B. Suasana ramai akan menjadi asik dan menyenangkan
C. Suasana tidak mempengaruhi kinerja saya
D. Saya tidak bisa memilih suasana yang tepat

2. Anda memiliki karyawan-karyawan yang berbeda latar belakang agama dan budaya

A. Saya menghormati keberagaman
B. Saya mendahulukan karyawan yang sama latar belakang
C. Saya tidak perduli dengan perbedaan tersebut
D. Itu menjadi hal baik untuk bisa bertukar pikiran

3. Bagaimana anda menangani tindakan perundungan diantara bawahan anda?

A. Saya tidak mencampuri urusan mereka
B. Saya memberikan sanksi bagi para pelaku
C. Saya tidak memberikan hal itu terjadi
D. Saya memaklumi hal tersebut

4. Cara anda menangani siswa yang murung akibat sering dibully adalah ...

A. Saya membiarkan dia tenang
B. Saya menghubungi wali kelasnya
C. Saya melaporkan pelaku pada guru BP agar mereka dihukum
D. Saya melakukan pendekatan personal agar ia tidak merasa buruk

5. Saat menyampaikan materi anda lebih sering ...

A. Duduk di meja guru
B. Berdiri di depan kelas
C. Berkeliling ke meja siswa siswi
D. Melihat buku petunjuk agar tidak keliru

6. Ada guru yang berhalangan hadir. Anda adalah guru yang mengampu mata pelajaran yang sama. Tindakan anda ...

A. Saya berinisiatif untuk menggantikannya
B. Saya memberikan tugas pada siswa-siswa yang diampu
C. Saya memberikan kebebasan pada para siswa
D. Saya menyampaikan tugas yang diberikan guru tersebut jika ada

7. Anda berhalangan hadir disebabkan beberapa hal

A. Saya menitipkan tugas untuk para murid
B. Saya memberikan kebebasan pada para murid
C. Saya meminta guru lain menggantikan saya
D. Saya akan menggantinya di lain waktu

8. Saya menggunakan sosial media untuk ...

A. Mencurahkan hati dan pikiran saya
B. Berbagi pengalaman hidup
C. Menceritakan kisah saya dan orang lain
D. Saya tidak menggunakan sosial media

9. Anda mendukung tindakan guru menghukum siswa dengan kekerasan.

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Tidak setuju
D. Sangat tidak setuju

0. Anda dinyatakan termasuk kategori P2 dalam seleksi PPPK 2023. Oleh karena itu anda segera menghapus semua postingan sosial media yang berkaitan dengan perundungan.

A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Tidak setuju
D. Sangat tidak setuju

KUNCI JAWABAN
1. C
2. A
3. B
4. D
5. B
6. A
7. A
8. B
9. D
10. D.

Newest Older

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter