-->

Tugas Mandiri dan Tugas Terstruktur Modul 2 KB 1 Kompetensi Pedagogik

4 comments

Jawablah pertanyaan soal latihan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
A.    Apa saja bentuk pemanfaatan teknologi dan media informasi yang Anda lakukan di kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran abad 21? Coba jelaskan secara singkat!
           
Bentuk pemanfataan teknologi dan media informasi yang saya lakukan di kehidupan sehari hari dalam pembelajaran abad 21 adalah memanfaatkan teknologi Internet untuk kegiatan sumber belajar seperti pengaksesan video di youtube, mendengarkan music secara online dengan teks rumpang atau memanfaatkan smartphone dan notebook untuk bermain game edukatif bersama siswa, memberi tugas mandiri kepada siswa dalam bentuk rekaman dengan memanfaatkan smartphone. Hal ini dikarenakan akan membuat pembelajaran semakin menarik minat siswa sehingga pola pembelajaran lebih aktif dan kreatif dengan pendekatan student centered.

B.     Berilah contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad 21?

Contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad 21 yang pernah saya lakukan adalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam hal ini, materi yang diajarkan adalah tentang memperkenal diri. Awalnya, siswa mencari video yang relevan yang berkaitan dengan memperkenalkan diri. Setelah mereka mempelajarinya, dan dibantu dengan konfrimasi dari guru, siswa membuat video mereka sendiri dan menguploadnya di channel youtube masing masing. Setelah itu, siswa lain dapat memberikan komentar, saran dan penilaian pada video temannya tersebut.

Berikut beberapa contoh lainnnya
1.      memberikan pendapat dengan sopan melalui media sosial yang dipantau dan difasilitasi oleh guru
2.      Mengirim hasil diskusi kelompok / tugas pribadi melalui email.
3.      Mempelajari metamorfosis berbagai macam serangga melalui youtube
4.      Belajar menulis blog mengenai materi tertentu.
5.      Melakukan video conference seperti menghadirkan seorang dokter untuk memberikan edukasi kepada siswa mengenai cara menjaga kesehatan system pernapasan. Jika dilakukan secara live, siswa dapat melakukan Tanya jawab secara langsung.
                       
C.     Berikan ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang sudah Anda laksanakan pada pembelajaran abad 21?

Pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi dan media informasi secara langsung benar saya rasakan. Salah satu dampak yang saya rasakan dalam pelaksanaan pembelajaran abad 21 adalah pemanfaatan situs youtube dan google dalam mencari sumber belajar maupun untuk interaksi pembelajaran seperti memberikan saran, komentar dan penilaian terhadap hasil kerja siswa secara real time.

Selain itu juga, pemanfaatan alat-alat media informasi dan komunikasi seperti smartphone yang notabenenya hampir semua orang memilikinya akan memberikan dampak wawasan yang luas bagi siswa dimana materi dalam bentuk benda, tempat, budaya yang masih abstrak dalam benak siswa akan denga mudah dapat ditayangkan dalam bentuk konkret sehingga penetrasi pengetahuan pada siswa diharapkan dapat lebih maksimal. Disamping itu, hal ini memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi kepada siswa karena lebih konkret dan sebaliknya siswa  juga data mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan

D.    Sebutkan dan jelaskan beberapa kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan potensinya terkait tugas dan perannya di era digital abad 21!

Kemampuan yang dapat dikembangkan guru adalah sebagai berikut :
1. Kemampuan mengolah data, audio, dan video
            Hal ini diperlukan agar guru mampu memaksimalkan perannya sebagai Interactive Instruction, seperti membuat video untuk brainstorming dalam pembelajaran atau membuat file presentasi seperti macromedia dan powerpoint dalam aktifitas pembelajarannya.
2. Memanfaatkan blog/web interaktif dalam memberikan hasil penilaian belajar siswa
            Seperti contoh, dalam pembelajaran Listening Skill, guru bisa memanfaatkan teknologi blog/web yang berisikan lagu rumpang dalam mengasah kemapuan mendengar siswa. Kemampuan ini bisa dinilai dengan memanfaatkan Personal Response System. Jadi guru mengetahui apakah masing masing siswa mampu mengenal kosa kata yang ada di dalam lagu tersebut dan guru bisa mengetahuinya secara real time.
E.     Sebutkan dan jelaskan peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!

1. Mampu memfasilitasi dan menginspirasi belajar dan kreatifitas siswa, seperti
a)      mendorong, mendukung dan memodelkan penemuan dan pemikiran kreatif dan inovatif.
b)      melibatkan siswa dalam menggali isu dunia nyata (real world) dan memecahkan permasalahan otentik menggunakan tool dan sumber-sumber digital.
c)      mendorong refleksi siswa menggunakan tool kolaboratif untuk menunjukan dan mengklarifikasi pemahaman, pemikiran, perencanaan konseptual dan proses kreatif siswa.
d)     memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif dengan cara melibatkan diri belajar dengan siswa, kolega, dan orang-orang lain baik melalui aktifitas tatap muka maupun melalui lingkungan virtual.

2. Merancang dan mengembangkan pengalaman belajar dan asessmen era digital, seperti:
a.       Merancang atau mengadaptasi pengalaman belajar yang tepat yang mengintegrasikan tools dan sumber digital untuk mendorong belajar dan kreatifitas siswa.
b.      Mengembangkan lingkungan belajar yang kaya akan teknologi yang memungkinkan semua siswa merasa ingin tahu dan menjadi partisipan aktif dalam menyusun tujuan belajarnya, mengelola belajarnya sendiri dan mengukur perkembangan belajarnya sendiri.
c.       Melakukan kostumisasi dan personalisasi aktifitas belajar yang dapat memenuhi strategi kerja gaya belajar dan kemampuan menggunakan tools dan sumber-sumber digital yang beragam.
d.      Menyediakan alat evaluasi formatif dan sumatif yang bervariasi sesuai dengan standar teknologi dan konten yang dapat memberikan informasi yang berguna bagi proses belajar siswa maupun pembelajaran secara umum.

3. Menjadi model cara belajar dan bekerja di era digital, seperti :
a.       Menunjukkan kemahiran dalam sistem teknologi dan mentransfer pengetahuan ke teknologi dan situasi yang baru.
b.      Berkolaborasi dengan siswa, sejawat, dan komunitas menggunakan tool-tool dan sumber  digital untuk mendorong keberhasilan dan inovasi siswa.
c.       Mengkomunikasikan ide/gagasan secara efektif  kepada siswa, orang tua, dan sejawat menggunakan aneka ragam format media digital.
d.      Mencontohkan dan memfasilitasi penggunaan secara efektif daripada tool-tool digital terkini untuk menganalisis, mengevaluasi dan memanfaatkan sumber informasi tersebut untuk mendukung penelitian dan belajar.

4. Mendorong dan menjadi model tanggung jawab dan masyarakat digital, seperti:

a.       Mendorong, mencontohkan, dan mengajar secara sehat, legal dan etis dalam menggunakan teknologi informasi digital, termasuk menghagrai hak cipta, hak kekayaan intelektual dan dokumentasi sumber belajar.
b.      Memenuhi kebutuhan pembelajar yang beragam dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memberikan akses yang memadai terhadap tool-tool digital dan sumber belajar digital lainnya.
c.       Mendorong dan mencontohkan etika digital tanggung jawab interkasi sosial terkait dengan penggunaan teknologi informasi.
d.      Mengembangkan dan mencontohkan pemahaman budaya dan kesadaran global melalui keterlibatan/partisipasi dengan kolega dan siswa dari budaya lain menggunakan tool komunikasi dan kolaborasi digital.

5. Berpartisipasi dalam pengembangan dan kepemimpinan profesional, seperti :
a.       Berpartisipasi dalam komunitas lokal dan global untuk menggali penerapan teknologi kreatif untuk meningkatkan pembelajaran.
b.      Menunjukkan kepemimpinan dengan mendemonstrasikan visi infusi teknologi, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama dan penggabungan komunitas, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan teknologi kepada orang lain.
c.       Mengevaluasi dan merefleksikan penelitian-penelitian dan praktek profesional terkini terkait dengan penggunaan efektif daripada tool-tool dan sumber digital untuk mendorong keberhasilan pembelajaran.
d.      Berkontribusi terhadap efektifitas, vitalitas, dan pembaharuan diri terkait dengan profesi  guru baik di sekolah maupun dalam komunitas.


Related Posts

4 comments

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter