-->

Kumpulan soal-soal CPNS Tes Karakter Peribadi (TKP) Beserta kunci Jawaban dan Pembahasan 1

1 comment
Berita-english.blogspot.co.id- Menjadi seorang CPNS adalah mimpi sebagian besar orang direpublik ini. Meskipun sebenarnya tidak mudah. Hadirnya Postingan Soal-soal CPNS ini adalah untuk membantu teman-teman dan diri saya peribadi untuk menembus tes CPNS. pada postingan kali ini kami akan memberikan beberapa kumpulan soal-soalcpns terlengkap,terbaru dan gratis. seperti yang kita ketahui bersama, bahwa soal tes cpns itu terbagi terbagi menjadi 3 bagian yaitu, TesWawasan Kebangsaan (TKW), TesIntelegensia umum(TIU) atau biasa juga disebut Tes Potensi Akademik(TPA) dan yang terakhir adalah Tes Karakter Peribadi(TKP) dan masing soal terdiri dari 90 nomor. Kemudian sekarng menggunakan CAT(computer assisted test), berikut beberapa petunjuk pengerjaan simualsi cat CPNS Online:
1.       Latihan simulasi cat cpns online ini gratis untuk umum.
2.       Jumlah Soal CAT CPNS Online ini sebanyak 100 soal dengan katagori:
– Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal;
– Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 35 soal:
– Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 30 soal:
3.       Waktu pengerjaan semua soal TKD ini selama 90 Menit (54 detik per soal);
4.       Urutan soal pertanyaan secara acak berdasarkan katagori soal pertanyaan;
5.       Setelah menyelesaikan jawaban simulasi cat cpnsonline, ditampilkan secara langsung berikut ini;
– Jumlah jawaban yang benar dan salah
– Waktu pengerjaan cat cpns online
– Passing Grade secara umum;
– Nilai tiap katagori soal TWK, TIU, dan TKP;
– Jawaban yang benar dan salah yang disertai pembahasan;
– Rangking semua peserta yang menjawab;
6.       Setelah simulasi selesai dikerjakan, pengulangan dapat dilakukan kapan saja;
7.       Ketentuan penilaian skor jawaban:
– Total poin jawaban : 500 poin
– Jawaban Benar 5 Poin (TWK dan TIU)
– Menjawab Salah 0 Poin (TWK dan TIU)
– Tidak Menjawab 0 Poin (TWK dan TIU)
– Soal TKP jawaban berbobot 1 – 5 poin (Jawaban Terbaik 5 Poin)
8.       Bandingkan nilai skor jawaban Anda dengan nilai standar ketentuan cat cpns.
 mungkin sperti itulah sedkit gambaran tentang tes CPNS yang akan kita hadapi. Pada kesempatan kali ini kami akan memposting Kumpulan soal-soal CPNS Tes Karakter Peribadi (TKP) Beserta kunci Jawaban dan Pembahasan 1. Menurut saya ini adalah soal yang susah-susah gampang. Maka dari itu kami sebagai penulis akan memberikan secara bertahap. Baiklah langsung saja dicek!

1. Suatu hari, Anda pulang jam 01. 00 WIB dinihari menuju rumah dalam kondisi tubuh yang sangat lelah. Dijalan anda mendapati ada kecelakaan.
A.    Melihat situasi terlebih dulu. Jika memungkinkan, maka saya tolong
B.    Langsung pulang saja karena bagaimanapun juga kondisi badan saya sangat lelah sekali
C.    Pergi saja karena sudah ada orang yang mendekati korban tersebut, pastilah sudah ada yang menolong
D.    Melihat sepintas, apakah korbannya parah. Jika parah, akan saya tolong
E.   Langsung pulang saja, paling-paling hanya rekayasa komplotan perampok jalanan yang sedang melakukan aksinya.
2. Jika ada tugas yang kurang menyenangkan,
A.    Tetap saya selesaikan karena itu tanggungjawab saya
B.    Daripada saya stress, lebih baik saya minta orang lain yang mengerjakan
C.    Saya berhak memprotes kepada atasan
D.    Saya selesaikan meskipun terasa berat hati
E.   Saya meminta tolong rekan kerja untuk menyelesaikan
3. Jika diberikan tugas kantor yang berat oleh atasan, maka saya
A.    Jujur mengatakan pada atasan tugasnya terlalu berat
B.    Meminta keringanan
C.    Meminta rekan kerja membantu
D.    Berusaha menyelesaikan sebaik-baiknya
E.    Menolak dan berterus terang tugasnya terlalu berat
4. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya ...
A.    Mencari kambing hitam penyebab masalah
B.    Akan bertanggung jawab
C.    Membiarkan masalah tetap berlangsung
D.    Melihat dulu adakah orang lain yang bersalah
E.    Mungkin ada pihak lain harus bertanggungjawab
5. Saya mendapat teguran langsung dari pimpinan atas kesalahan yang bukan hanya saya seorang diri sebagai pelakunya. Reaksi saya adalah ...
A.    Membantah secara tegas agar pada kesempatan lain agar pimpinan tidak semena mena menyalahkan
B.    Diam saja, karena membantah hanya akan menambah rumit permasalahan
C.    Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga, tetapi tetap melaporkan pegawai lain yang turut bersalah agar mereka juga memperbaiki kesalahan
D.    Membantah dan mengadukan pegawai lain yang juga bersalah agar mereka juga bisa belajar dari kejadian ini
E.   Menerima teguran tersebut dan mecoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga tanpa perlu       mengadukan pegawai lain yang turut bersalah
6. Jika rencana saya melakukan inovasi pekerjaan ditentang oleh rekan kerja saya, maka
A.    Saya merasa kecewa
B.    Saya marah, karena bagaimanapun juga inovasi tersebut untuk kebaikan bersama
C.    Saya sedih karena inovasi tersebut terhambat
D.    Saya meminta penjelasan dari rekan tersebut dan mencari solusi terbaik
E.    Saya berani berdebat dengan rekan tersebut karena saya yakin bahwa rencana inovasi itu membawa  angin perubahan yang positif.
7. Saya diutus mengikuti suatu diklat. Oleh panitia penyelenggara saya ditempatkan sekamar dengan orang yang tidak saya kenal yang berasal dari kota lain. Sikap saya adalah...
A.    Mengajukan keberatan tetapi akhirnya menerima aturan panitia
B.    Protes keras dan minta ditempatkan sendiri saja
C.    Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan minimal orang yang dikenal
D.    Menerima aturan panitia dan berusaha mengenal dan memahami teman sekamar
E.    Menerima aturan panitia
8. Sikap saya terhadap perubahan perubahan, ide ide baru dan cara cara baru dalam melaksanakan suatu pekerjaan adalah.
A.    Stabilitas dalam bekerja lebih penting
B.    Perubahan adalah sesuatu yang pasti
C.    Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan
D.    Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik
E.    Keberhasilan pekerjaan tergantung jenis perubahan, ide, dan cara cara baru tersebut
9.  Di lingkungan kerja yang baru,
A.    Saya perlu waktu untuk mengenal rekan-rekan kerja
B.    Saya menunggu rekan kerja yang ingin berkenalan
C.    Saya langsung mampu akrab dengan rekan kerja
D.    Jika saya membutuhkan bantuan baru saya akan berkenalan
E.    Jika ada yang ingin berkenalan tentunya saya senang sekali
10. Menghadapi masalah pelik, saya
A.    Saya pesimis mampu mengatasinya
B.    Harus ada yang membantu saya menghadapinya
C.    Saya berusaha sekuat mungkin memecahkannya
D.    Tidak adil bila saya harus menyelesaikannya sendiri
E.    Saya bertanya-tanya mungkinkah saya mampu mengatasinya
Kunci Jawaban dan Pembahasan
1.      A. Melihat situasi terlebih dulu. Jika me-
mungkinkan, maka saya tolong

2.      A. Tetap saya selesaikan karena itu tang-
gungjawab saya

3.      D. Berusaha menyelesaikan sebaik-baiknya

4.      B. Akan bertanggung jawab

      5. C. Menerima teguran tersebut dan men-
coba menjadikannya sebagai pelajaran
berharga, tetapi tetap melaporkan
pegawai lain yang turut bersalah agar
mereka juga memperbaiki kesalahan

6.D. Saya meminta penjelasan dari rekan
tersebut dan mencari solusi terbaik

       7. D. Menerima aturan panitia dan beru-
saha mengenal dan memahami teman
sekamar
     
      8. E. Keberhasilan pekerjaan tergantung
jenis perubahan, ide, dan cara cara
baru tersebut
   
      9. C. Saya langsung mampu akrab dengan
rekan kerja

     10. C. Saya berusaha sekuat mungkin meme-
cahkannya

Demikian postingan kami tentang Kumpulan soal-soal CPNS Tes Karakter Peribadi Beserta kunci Jawaban dan Pembahasan 1. Untuk nomer soal berikutnya bias dilihat dipostingan kami yang berikutnya yaitu Kumpulan soal-soal CPNS Tes Karakter Peribadi Beserta kunci Jawaban dan Pembahasan 2. Salam sukses!



Source: buku simulasi CAT

Related Posts

1 comment

  1. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan , saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb..

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter