-->

20 cara dan Tips Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

6 comments

Berita-English.blogspot.co.id- pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips terbaru menghilangkan jerawat secara alami. Punya kulit wajah yang bersih dan bebas dari jerawat pasti jadi idaman baik kaum hawa ataupun adam. Berikut 20 cara dan Tips Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang kami rampung dari berbagai sumber:

1.      Daun Pepaya.

Daun pepaya yang agak tua itu kita tumbuk lalu kita gunakan sebagai masker. oh ya jangan lupa bersihkan wajah dahulu dan kelilingi sekitar tepian wajah dengan handuk kecil. Karena masker ini sangat berair. untuk yang pertama kali mencoba pasti muka yang ada jerawat atau luka di wajah akan terasa perih, tapi itu normal.

Lakukan seminggu dua kali atau kalau kita sibuk seminggu sekali lah sampai jerawat menghilang. ternyata efeknya bagus lho buat wajah. muka kita tidak menjadi kering dan terasa kenyal. tapi yang terpenting jangan memencet jerawat ya.



2.      Kentang
ambillah kentang dan iris kentang tersebut tipis-tipis (kentang jangan dicuci) lalu tempelkan irisan kentang itu di wajah yang berjerawat. Kenapa kentang jangan dicuci....karena getah yang terkandung dikentang tersebut yang dapat membuat jerawat menjadi kering dan akhirnya menghilang dari wajah kita. Lakukan itu sesering mungkin agar jerawat lekas hilang. tomat untuk mencuci muka anda. Irisan tomat tersebut digosokkan pada wajah anda. Memang agak perih sih...tapi nanti juga biasa kok. Kalo ngga ada tomat, anda bisa menggantikannya dengan asam kanji (biasa buat rujak). Asam diberi air agar basah, kemudian gosok-gosokan kewajah anda dengan gerakan memutar.
3.      Madu
Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama adalah dengan madu.. Kehebatan madu sendiri juga dapat membantu anda yang sedang berjuang untuk menghilangkan jerawat. Madu memiliki kandungan antibiotik dan gizi yang tinggi, sehingga dapat menjadi pencegah infeksi yang bisa membuat meradangnya jerawat.

Cara Pengguaan :

·   Cara memakai madu juga sangat gampang, hanya perlu dioleskan secara merata pada wajah yang berjerawat.
·   Selain dengan menggunakan madu, bisa juga anda membuat masker dengan menggunakan campuran madu dengan putih telur.
·   Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan aduk-aduk.
·   Setelah itu oleskan campuran madu dan putih telur tersebut ke wajah yang berjerawat.


4. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah dengan es batu. Selain digunakan untuk membuat minuman dingin, ternyata es batu juga dapat menghilangkan jerawat. Es batu bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, tak hanya itu es batu juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada daerah di sekitar jerawat. Bagi anda yang memiliki minyak berlebih, juga dapat memberikan es batu pada kulit.

Cara Penggunaanya :

·         Cara menghilangkan jerawat dengan es batu cukup mudah, Pertama siapkan es batu yang akan dioleskan di wajah lebih baik dibungkus dalam kain yang bersih.
·         Tempelkan es batu yang sudah dibungkus tersebut pada wajah yang berjerawat dan tempelkan selama beberapa menit.
·         Lakukan proses itu secara rutin hingga jerawat sembuh.
4.      Tomat

Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal itu disebabkan tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kulit mauoun tubuh.

Cara Pengguaan :
·         Cara mengobati jerawat dengan tomat yang pertama adalah sediakan tomat yang matang yang berwarna kemerahan.
·         Potong tomat tersebut secara tipis-tipis dan tempelkan pada wajah yang berjerawat.
·         Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
·         Lakukan hal itu denga rutin agar jerawat bisa segera hilang.
4. Lemon

5.      Lemon

Lemon mengandung Asam alpha dan askorbat-L yang bisa mengurangi peradangan pada kulit anda yang berjerawat serta dapat membantu membersihkan pori – pori wajah anda yang tersumbat. Selain itu Lemon sudah lama dikenal sebagai penghilang noda/bintik hitam pada wajah dan sebagai salah satu bahan untuk memutihkan wajah
.
Cara penggunaannya : 

·         Anda siapkan 1 buah lemon segar kemudian potong menjadi 2 bagian, yang masing – masing bagian lalu di peras.
·         Dari hasil perasan lemon anda oleskan pada wajah anda yang berjerawat setelah itu diamkan selama sekitar 110-15 menit
·         Kemudian basuh dengan air yang bersih dan segar dan keringkan menggunakan handuk.
·         Jika lemon cocok untuk wajah anda lakukan perawatan menggunakan lemon ini dengan rutin,
·         Selain itu lemon juga dapat membantu anda untuk untuk menghilangkan komedo

6. Lidah Buaya

Pada lidah buaya banyak mengandung zat besi, zat aktif dan vitamin A serta D yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah jerawat beserta bekasnya.

Cara Penggunaanya :

·         Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi 2 atau 4 bagian kemudian hilangkan duri pada lidah buaya yang berada di samping kanan dan kiri.
·         Setelah itu kupaslah bagian lainnya untuk mengambil gel pada lidah buaya.
·         Hasil gel tadi di letakan di wadah kemudian lembutkan dan oleskanlah pada area kulit anda yang berjerawat.
·         Setelah itu diamkan 4 – 6 menit dan Bilas dengan air bersih.

7.  Pasta Gigi
Pasta gigi terdapat bahan menthol, triclosan, dan minyak esensial. Tidak hanya itu pada pasta gigi juga terkandung baking soda yang dapat mengobati jerawat dan menyembuhkan bekas luka jerawat. Namun untuk pemakian masker ini jangan berlebihan cukup 1 kali dalam sehari
Cara Penggunaanya : 

·         Pertama anda harus membersihkan terlebih dahulu seluruh area wajah
·         Kemudian oleskanlah pasta gigi pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama sekitar 5 menit
·         Sama seperti cara – cara sebelumnya anda bilas hasil olesan pada wajah anda menggunakan air bersih.

8. Bawang Putih
Bawang putih ternyata juga sangat ampuh untuk membasmi jerawat membandel pada wajah dan mengembalikan ‘kelestarian’ wajah alami anda. Bawang putih merupakan antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik yang juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Kandungan zat Sulfur bawang putih sangat ampuh dalam proses penyembuhan jerawat membandel.
Cara Penggunaan:
·         Potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian
·         Gosokkan bawang putih pada jerawat membandel di wajah, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit
·         Cuci dengan air suam-suam
·         Lakukan beberapa kali sehari secara rutin sampai jerawat mengecil
Konsumsi bawang putih secara rutin sangat penting untuk membantu kelancaran peredaran darah, yang juga berperan dalam membantu menghilangkan jerawat. Pastikan tidak berlebihan karena mungkin akan mengganggu lambung anda.
9. Mentimun
Mentimun sudah sangat fimiliar digunakan sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan bercahaya. Efek mentimun dapat bekerja sebagai anti-inflamasi, sangat cocok untuk mengobati jerawat yang mulai memerah dan memberikan efek peradangan.
Cara Penggunaan (Jerawat Baru):
·         Iris mentimun beberapa segar
·         Letakkan pada daerah jerawat
·         Biarkan selama 30-60 menit
·         Bilas dengan air bersih
·         Lakukan secara rutin tiap hari, sampai jerawat hilang
Cara Penggunaan (Jerawat Meradang / Membandel):
·         Jus mentimun segar (tanpa air)
·         Jadikan masker pada wajah
·         Biarkan 30-60 menit
·         Bilas bersih dengan air hangat
·         Lakukan secara rutin, hingga jerawat hilang.

10. Air Seni
Air seni memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang dapat digunakan untuk berbagai jenis pengobatan, termasuk salah satunya adalah masalah kulit seperti jerawat.
Cara Penggunaan:
·        Meminum air urin sendiri. Memang cukup ekstrim, namun dari pengalaman yang ditulis Christy, ini akan sangat efektif mengatasi jerawat.
·        Mencampurkannya dengan pelembab. Mungkin ini lebih ‘manusiawi’, anda dapat menggunakan pelembab dan mencampurkannya dengan air seni, sebagai saran, pelembabnya sedikit saja dan air seninya yang banyak.
Sudah digunakan semenjak abad ke-18 membuat alternatif cara menghilangkan jerawat dengan air seni ini sangat di anjurkan.

11. PutihTelur

Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berupa noda atau 
flek hitam bekas jerawat . 

Cara pemakaian:
·        Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya
·         kemudian kocok hingga berbusa.
·         Oleskan pada wajah Anda berulang kali setiap mengering dan diamkan selama 20-25 menit.
·         Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk. 

12. Lidah Buaya

Lidah buaya yang banyak dipakai untuk rambut ini ternyata juga bagus untuk mengobati jerawat membandel.Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri dan dapat menenangkan serta memiliki sifat anti inflamasi. 

Cara Pemakaian:

·        Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan terlebih dahulu.
·         Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya, usahakan untuk tetap bersih dari getahnya karena dapat mengakibatkan gatal di kulit. 
·        Oleskan pada wajah yang berjerawat dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. 
·        Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat. 

13. Pepaya

Pepaya juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan jerawat. Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang memiliki fungsi mengurangi peradangan dan mencegah munculnya nanah.Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut dan halus. 

Cara pemakaian:
·        Siapkan 1 buah pepaya kemudian tumbuk sampai halus,
·        kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan air secara merata.
·         Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

14. Kulit Pisang

Selain buahnya yang baik untuk kesehatan ternyata kulit pisang juga memiliki fungsi yang baik untuk menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung lutein sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta mendorong sel-sel baru. Dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat saja sudah bisa meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan jerawat. 

Cara pemakaian:
·     Siapkan kulit pisang jenis apa saja,
·     kemudian gosokkan pada wajah yang berjerawat secara melingkar. 
·     Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan diamkan dengan air bersih. 

15. The Hijau
Teh hijau sangat baik digunakan untuk menyembuhkan jerawat secara internal dengan cara dikonsumsi sebagai minuman atau cara ekternal yakni dengan cara menyemprotkannya diwajah. 

Cara pemakaian:
·        Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu kemudian keringkan. 
·        Siapkan satu mangkuk berisi air lalu masukkan daun teh hijau kedalam mangkok tersebut dan didihkan.
·         Selanjutnya diamkan sampai agak dingin dan gunakan pada wajah Anda, bisa dengan disemprot maupun mengoleskannya dengan lembut pada wajah menggunakan kain atau kapas. 

16. Alpukat dan Madu

Banyak yang beranggapa bahwa buah alpukat dapat menyebabkan jerawat namun sampai saat ini belum terbukti apakah itu benar atau tidak. Akan tetapi kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah alpukat ini ternyata baik untuk menyembuhkan jerawat. Ditambah dengan madu makan akan menjadi obat jerawat yang cukup manjur. 

Cara pemakaian:
·        Campurkan buah alpukat dengan madu hingga berbentuk seperti pasta.
·         kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diakan selama 15-20 menit
·        lalu bilas dengan air bersih setelahnya.
17. Kulit Jeruk
Vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati.
·        Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering.
·        Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan tadi
·        Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
·        Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit
·        Bilas dengan air hangat

18. Hindaris tress

Reaksi kimia yang ditimbulkan saat anda stres dapat memicu meningkatnya produksi hormon yang dapat meningkatkan jerawat pada wajah anda.

19. Hindari pemakaiaqn kosmetik berlebihan
Jika anda mulai tumbuh jerawat membandel tanpa sengaja walau masa puber telah lama berlalu, perhatikan bahwa apakah anda sering menggunakan kosmetik atau tidak. Jika ia segera hentikan, terlebih produk kosmetik yang anda pakai tidak jelas asal rimbanya. Beberapa kosmetik memiliki bahan kimia yang sangat ampuh membuat wajah anda penuh dengan jerawat. Hati-hati dalam pemakaian kosmetik, terlebih anda yang memiliki masalah jerawat membandel.
20. Banyak minum air putih
Air putih dapat membantu detoksifikasi atau mengeluarkan racun pada tubuh termasuk membantu peredaran darah yang mungkin dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat membandel.

Demikianlah postingan kami tentang  20 cara dan Tips Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami. Selamat mencoba dan jangan lupa sisihkan waktnya untuk berkomentar….



LIHAT JUGA: 

Related Posts

6 comments

Post a Comment

Artikel Menarik

Subscribe Our Newsletter